Sukses

Ikuti 5 Tips Ini Jika Smartphone Kamu Tak Bisa Diisi Daya

Jika smartphone kamu tak bisa diisi dayanya, mungkin lima tips ini bisa membantu mengisi daya ponselmu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah baterai smartphone kamu tak bisa diisi dayanya dengan baik? Jika iya, jangan dulu berpikiran bahwa charger smartphone kamu rusak.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Jumat (29/7/2016), berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika smartphone kamu tak bisa diisi dayanya.

1. Bersihkan Debu di Lubang USB
Terbiasa menyimpan smartphone di saku jaket atau celana? Jika iya, mungkin permasalahan yang kamu hadapi adalah kotoran atau debu yang menempel di lubang USB.

Untuk itu, coba bersihkan debu yang menempel di lubang USB dengan hati-hati. Salah satu caranya adalah dengan meniup perlahan lubang USB agar debu bisa hilang atau dengan menggunakan kapas untuk membersihkannya.
Fisik Andromax R - 5; micro-USB port. Foto: Liputan6.com/Iskandar

2. Tukar Kabel USB

Salah satu bagian yang paling rentan adalah kabel, contohnya kabel USB milik Apple yang diketahui mudah rusak. Jika smartphone kamu tak bisa diisi daya, coba lihat kondisi kabel yang kamu miliki. Jika terlihat sudah usang dan ingin putus, kamu bisa menukar kabel USB yang kamu gunakan dengan kabel USB lain.
Kabel charger iPhone milik Anda sering rusak dan diganti? Siapa tahu penyebabnya ada di dalam artikel berikut ini.
Jika ternyata kabel USB baru ini bisa mengisi daya pada smartphone maka permasalahan ada di kabel USB yang kamu pakai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Kepala Charger

3. Cek Kepala Charger
Selain kabel USB, hal lain yang perlu dicek saat smartphone kamu tak bisa diisi dayanya adalah kepala charger atau adaptornya, terutama pada kepala charger yang dihubungkan dengan kabel USB.

Tandai charger atau benda milikmu yang lainnya dengan lem bergambar. (Via: shakentogetherlife.com)
Ketika kepala charger baru bisa mengisi daya smartphone-mu, bisa dipastikan permasalahan ada pada adaptor lama kamu yang mungkin sudah rusak atau tak terhubung dengan baik ke stop kontak.

4. Ganti Baterai
Perlu diketahui bahwa baterai smartphone memiliki daya pakai yang berbeda-beda. Setelah digunakan selama beberapa tahun, ada kemungkinan baterai smartphone mengalami kerusakan. Untuk itu, setelah langkah di atas tak membuahkan hasil, cobalah lakukan penggantian baterai smartphone kamu.

Baterai sendiri biasanya memiliki masa garansi selama 6 bulan. Nah, jika kamu merasa telah menggunakan baterai tersebut selama 2 tahun, mungkin memang sudah wakunya mengganti baterai.

Pastikan gunakan baterai original (Sumber: Android Pit).
Beberapa kerusakan baterai smartphone mudah dikenali lantaran fisik baterai mulai menggelembung atau mengeluarkan cairan.

3 dari 3 halaman

Pindah Stop Kontak Lain

5. Pindah ke Stop Kontak Lain
Jika semua cara di atas ternyata tak berhasil, mungkin kesalahan ada pada stop kontak atau sumber energi yang kamu gunakan. Bisa jadi stop kontak yang kamu pakai tak teraliri listrik atau rusak.

Karenanya, untuk menguji apakah stop kontak berfungsi dengan baik, cobalah untuk menghubungkan kabel USB dan mengisi daya di stop kontak lainnya. Jika pengisian daya berjalan, kemungkinan stop kontak tersebut yang tak terhubung dengan sumber listrik atau mengalami kerusakan.

Kasus charger abal-abal. Kredit: RaymusMunt/YouTube via Tech Insider
Jadi, jangan langsung panik dan berpikiran smartphone kamu rusak ya kalau tiba-tiba tak bisa diisi dayanya. Bisa jadi, hal-hal di ataslah penyebabnya.

(Tin/Ysl)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.