Sukses

Luar Biasa, Ada Ribuan Galaksi yang 'Hidup' di Alam Semesta

Teleskop radio asal Afrika Selatan menemukan bukti adanya ribuan galaksi yang tersebar di Tata Surya. Menakjubkan!

Liputan6.com, Cape Town - Tahukah kamu bahwa selain Bima Sakti--galaksi yang kita huni saat ini--terdapat galaksi lain yang 'hidup' di alam semesta? Kira-kira, ada berapa banyak galaksi yang ada? Belasan, puluhan atau ratusan?

Jika kamu masih bertanya-tanya, jawabannya adalah ribuan. Ya, ada sekitar 1.300 galaksi yang ada di alam semesta. Sebelumnya, NASA hanya mendeteksi sekitar 70 galaksi yang ada selain galaksi Bima Sakti.

Seperti dilansir Mirror pada Rabu (20/7/2016), temuan menakjubkan ini diperlihatkan oleh teleskop radio MeerKAT yang dimiliki proyek SKA (Square Kilometre Array) di Afrika Selatan.

 Diketahui, SKA memiliki sekitar 64 alat penerima (receptor) berupa parabola yang bertugas untuk mencari galaksi di Tata Surya. Nantinya, SKA akan menambahnya menjadi 3.000 untuk memperdalam pencarian galaksi tersebut.

"Berdasarkan dari hasil yang kami dapat pada hari ini, kami yakin MeerKAT akan menjadi salah satu teleskop terkemuka yang dapat digunakan di dunia astronomi," kata Justin Jonas, Chief Technologist SKA.


Para ilmuwan dari SKA belum bisa mendeteksi lebih detail 1.300 galaksi yang mereka temukan. Untuk itu, 3.000 alat penerima dibutuhkan agar mereka bisa lebih 'jauh' meneliti galaksi liar itu.

Teleskop MeerKAT akan beroperasi secara utuh dengan kapasitas maksimal pada akhir 2017. Sementara, 3.000 parabola MeerKAT akan rampung mulai 2020.

Teleskop tersebut nantinya tak akan mencari jejak galaksi di luar angkasa, ia juga akan mencari jejak lubang hitam, dark matter dan benda alami lainnya untuk mengungkap asal usul terciptanya alam semesta.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.