Sukses

Server Pokemon Go Tumbang karena Ulah Kelompok Hacker Ini

Tumbangnya server Pokemon Go itu merupakan ulah kelompok peretas yang juga sempat membobol akun medsos Mark Zuckerberg.

Liputan6.com, California - Meski sudah banyak dimainkan, Pokemon Go masih menuai rasa kecewa dari para pemainnya. Bukan tanpa alasan, gim besutan Niantic Labs itu tak bisa diakses pada waktu tertentu.

Semisal pada Sabtu malam (16/7/2016), server Pokemon Go sempat lumpuh total. Akibatnya, seluruh gamer di dunia tidak bisa merasakan asyiknya berburu Pokemon. Server akhirnya kembali pulih pada keesokan harinya, tapi tak lama kemudian kembali down pada Minggu sore (17/7/2016).

Lumpuhnya server Pokemon Go diduga merupakan akibat dari serangan distributed denial of service (DDoS). Secara mengejutkan, kelompok hacker (peretas) yang menamakan diri mereka dengan sebutan "OurMine" mengklaim melakukan serangan tersebut.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (20/7/2016), tidak jelas apa motif kelompok OurMine menjatuhkan server Pokemon Go. Mereka mengatakan tidak akan berhenti "merusak" server Pokemon Go sampai ada perwakilan dari Niantic Labs yang mendatangi mereka.

"Tidak akan ada yang bisa menikmati gim ini sampai perwakilan Niantic Labs menghubungi kami di situs kami dan mengajarkan mereka (Niantic Labs) untuk melindungi server mereka!" kata OurMine dalam sebuah pernyataan di situs resmi mereka.

Keberadaan OurMine bisa dibilang cukup meresahkan. Aksinya di ranah maya sempat terlihat pada beberapa kasus peretasan belum lama ini. Salah satunya peretasan akun media sosial milik petinggi-petinggi perusahaan teknologi, seperti CEO Twitter Jack Dorsey, CEO Google Sundar Pichai, serta CEO Facebook Mark Zuckerberg.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.