Sukses

Ini Sosok Hacker yang Curi Hati Bos Bukalapak

Herdian Nugraha, hacker yang berhasil ungkap celah sistem Bukalapak ternyata mencuri hati bos Bukalapak, bagaimana ceritanya?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang hacker yang berhasil mengungkap celah situs web terkenal dan dihadiahi uang senilai jutaan rupiah rupanya tak hanya ada di luar negeri.

Di Indonesia, hal ini dialami oleh seorang hacker muda bernama Herdian Nugraha. Lulusan jurusan Ilmu Komputer dari Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2016 tersebut, baru-baru ini berhasil mengungkap celah pada situs toko online Bukalapak, Tokopedia, serta laman komunitas desain Sribu.

Bahkan, karena aksinya membongkar celah di sejumlah situs ternama di Indonesia dan melaporkannya kepada sang pengelola, Herdian pun dihadiahi uang hingga puluhan juta rupiah.

Dalam blog pribadinya, Herdian menyebutkan ia mendapatkan apresiasi dari Bukalapak senilai Rp 15 juta dan dari Tokopedia sebesar Rp 10 juta. Tak hanya itu, keberhasilan tersebut membuatnya direkrut oleh Bukalapak.

"Sebelumnya saya memang sudah melamar di Bukalapak karena saya tertarik dengan perusahaannya. Namun ternyata saya juga mendapat tawaran interview dari Bukalapak sebagai apresiasi positif dari Bukalapak terhadap upaya pelaporan celah yang saya lakukan," katanya kepada Tekno Liputan6.com, Rabu sore (20/7/2016).

Sejak 12 Juni 2016, ia akhirnya dipercaya perusahaan yang didirikan Acmad Zaky cs tersebut sebagai seorang security engineer.

Menurutnya, apresiasi diberikan pihak Bukalapak lantaran ia justru melaporkan adanya celah pada sistem Bukalapak dan tak melakukan kejahatan atas celah tersebut.

Ia menceritakan, tujuan peretasan tersebut awalnya hanya iseng saja. Ternyata, keisengan itu justru membuat Herdian yang fresh graduate ini dipekerjakan Bukalapak. Ia pun mengapresiasi Bukalapak lantaran startup buatan anak Indonesia itu begitu peduli terhadap keamanan sistemnya.

"Mereka ternyata aware terhadap keamanan sistem mereka, terbukti dari program bug bounty mereka dan saya melihat sendiri setelah saya bekerja di sini," kata Herdian.
Achmad Zaky, CEO Bukalapak (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)
Sebelum menemukan celah di Bukalapak, ia juga pernah melakukan peretasan serupa di beberapa situs lain. Pria yang memiliki hobi di bidang coding ini memang begitu antusias terhadap celah keamanan komputer.

Hal ini terbukti dari kegiatan yang dilakukannya saat kuliah, yakni menjadi tutor komunitas Cyber Security IPB yang antusias terhadap keamanan komputer.

Bahkan, Founder sekaligus CEO Bukalapak Achmad Zaky pun mengakui kepintaran Herdian dalam bidang coding dan keamanan internet. Karenanya, ia memberikan reward kepada Herdian dalam bentuk uang tunai dan tawaran kerja di perusahaannya. 

Bos Bukalapak itu sebelumnya mengatakan, perusahaan menghargai anak-anak muda yang menemukan celah di sistemnya dan melaporkannya kepada perusahaan.

Adapun hadiah berupa uang tunai yang diterima oleh Herdian merupakan apresiasi yang jumlahnya paling banyak dibandingkan apresiasi lain yang pernah diberikan Bukalapak kepada para penemu celah di sistemnya. 

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini