Sukses

Siap-siap, WiFi Bakal Meluncur di Bus Transjakarta

PT Transjakarta berencana menghadirkan koneksi internet WiFi di dalam bus Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta PT Transjakarta terus berupaya menghadirkan ragam layanan untuk transportasi. Kali ini, perusahaan berencana menghadirkan koneksi internet WiFi di dalam bus Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengatakan bahwa pihaknya sedang menyiapkan peluncuran WiFi di bus-bus Transjakarta. Ia menargetkan, akhir 2016atau awal tahun depan, layanan internet gratis itu sudah bisa dinikmati para penumpang.

"Kita sudah ada rencana itu (WiFi di bus), yang sekaligus bentuk Transjakarta menuju arah transformasi digital. Kira-kira (meluncur) akhir (2016) atau awal tahun (2017)," ujar Budi saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Namun saat ini, pihak Transjakarta masih melakukan berbagai pertimbangan agar layanan itnernet tersebut bisa optomal. Budi mengaku pihaknya ingin layanan tersebut nantinya bisa terus memiliki kuelitas yang baik.

Karena itu, nantinya akan ada pengaturan pemakaian. Namun ia masih belum bisa memastikan model layanan yang akan dipilih. Pasalnya, pihaknya masih mempelajari berbagai hal termasuk memilik mitra untuk bisa menghadirkan WiFi di bus Transjakarta.

"Saat ini sudah ada 10 pihak yang memberikan penawaran, tidak semuanya provider. Bentuk tawarannya bervariasi, ada yang hanya koneksi WiFi saja hingga bundling juga ada. Kita masih hitung-hitung, sehingga untuk nilai investasi belum bisa diketahui," ungkap Budi.

Saat ditanya soal kecepatan internet yang akan ditawarkan, ia mengaku belum bisa memberikan jawaban. "Kita belum sampai ke masalah teknis tersebut. Perhatian utama kami adalah melayani warga, jadi pasti akan melakukan apa pun yang bisa meningkatkan pelayanan, pasti kami lakukan, " katanya.

Transjakarta sendiri saat ini memiliki 12 koridor (jalur) dengan 68 rute. Menurut catatan Budi, jumlah penumpang bus Tranjakarta pada Juni 2016 mencapai 10,2 juta dengan rata-rata 340 ribu penumpang setiap hari.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini