Sukses

Ponsel Android Anyar dari BlackBerry Meluncur Tahun Ini?

Hal ini diketahui dari dokumen sertifikasi FCC mengenai ponsel baru BlackBerry yang memiliki kode nama Hamburg.

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus mengenai kehadiran perangkat Android terbaru dari BlackBerry dengan kode nama Hamburg terjawab sudah. Hal itu diketahui setelah adanya dokumen sertifikasi dari Federal Communication Commision Amerika Serikat.

Berdasarkan dokumen itu juga diketahui BlackBerry tak sendirian menggarap ponsel anyar itu. Dikutip dari laman Phone Arena, Jumat (22/7/2016), perangkat yang didaftarkan dengan nomor model STH-100-2 (RJD211LW) itu diproduksi oleh TCL.

Namun, belum dipastikan posisi TCL dalam proses pembuatan ponsel itu. Meskipun demikian, tak sedikit analis menyebut BlackBerry Hamburg ini merupakan pengembangan dari Alcatel Idol 4. Sebagai catatan, TCL merupakan perusahaan induk Alcatel.

Dugaan itu kian kuat melihat spesifikasi yang diusung keduanya. Hamburg memiliki kapasitas baterai 2610mAh, sama dengan Alcatel Idol 4.

Jeroan yang digunakan keduanya juga disebut mirip, yang mana BlackBerry Hamburg didukung Snapdragon 615. Sementara Alcatel Idol 4 ditopang Snapdragon 617.

Untuk spesifikasi, ponsel dengan layar 5,2 inci ini didukung RAM 3GB dan memiliki memori internal 16GB. Ponsel ini dibekali kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP.

Selain itu, berbeda dari perangkat BlackBerry sebelumnya, ponsel ini tak akan dibekali keyboard QWERTY fisik. Jadi, ponsel ini akan seluruhnya memakai layar sentuh. Kabar terbaru juga menyebutkan, ponsel ini akan mengusung NEON sebagai nama resmi.

Informasi soal kehadiran ponsel Android anyar dari BlackBerry ini sebenarnya sudah diketahui sejak awal tahun ini. Bahkan, perusahaan asal Kanada itu disebut juga tengah mengembangkan ponsel lain dengan kode nama Rome.

Tahun ini, CEO BlackBerry John Chen menyatakan bahwa pihaknya akan lebih fokus pada pengembangan bisnis perangkat Android. Terlebih, saat ini penjualan perangkat berbasis Android cukup menjanjikan.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Blackberry adalah produk telepon genggam pintar yang diproduksi oleh Blackberry Limited
    Blackberry adalah produk telepon genggam pintar yang diproduksi oleh Blackberry Limited

    BlackBerry

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

Video Terkini