Sukses

Penyisihan Pertama Startup World Cup 2017 Digelar di Jakarta

Pemenang regional Startup World Cup 2017 akan bertarung di babak final di Silicon Valley dan meraih kesempatan memenangkan US$ 1 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan modal ventura (venture capital firm) berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, Fenox Venture Capital (Fenox VC) menggelar babak penyisihan regional pertama Startup World Cup 2017. Kompetisi startup ini akan digelar di 14 negara di dunia untuk mencari startup paling menjanjikan di dunia.

Selain Indonesia, ke-14 negara tersebut adalah Jepang, Cina, Israel, Australia, Republik Ceko, India, Chili, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan, dan Amerika Serikat (Texas, Boston, dan Silicon Valley).

Pemenang regional akan bertarung di babak final di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 24 Maret 2017 mendatang dan meraih kesempatan memenangkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar dalam bentuk investasi dan hadiah lainnya.

Di Indonesia, Startup World Cup ini merupakan realisasi dari kerja sama antara Fenox VC dan Badan Kreatif Ekonomi Indonesia (BEKRAF). Kerja sama ini berperan sebagai katalis bagi ekosistem bisnis wirausaha di Indonesia dan diharapkan mampu meningkatkan angka pelaku startup untuk dapat sukses di skala regional dan global melalui Startup World Cup.

Pendaftaran dimulai dari 21 Juni 2016 silam melalui situs web resmi SWC 2017 startupworldcup.io. Baik di Indonesia maupun negara Asia Tenggara lainnya, lebih dari 750 startup diharapkan mendaftar sebelum 10 Agustus 2016. Dari sekian banyak pendaftar, 10 peserta regional terbaik akan diundang untuk mempresentasikan ide-idenya di hadapan juri internasional terkenal––termasuk investor papan atas dan CEO perusahaan teknologi.

Pemenang regional akan memperoleh perjalanan gratis ke Silicon Valley, Amerika Serikat, untuk mengikuti babak final dan mewakili startup dan negaranya di konferensi global Startup World Cup selama sepekan. Rangkaian kegiatannya terdiri dari boot camp, startup battlefield, konferensi internasional, dan forum investor.

"Kami telah membangun sebuah program untuk menyatukan startup dalam sebuah ekosistem global, di mana ide-ide cemerlang tercipta, ide-ide yang dapat memudahkan hidup kita di masa kini," tutur Anis Uzzaman, General Partner dan CEO Fenox VC.

Startup World Cup 2017, kata Anis, merupakan wadah bagi startup untuk memperoleh wawasan lebih luas dari mentor dan kontestan paling berpengalaman, memperluas jaringan koneksi, dan bertemu dengan investor potensial untuk mempresentasikan ide-idenya.

Bagi startup yang telah mendaftar di Startup World Cup 2017 di Indonesia, ini merupakan langkah yang lebih dekat dengan babak pitching, yang akan digelar pada 23 Agustus 2016 di Teater Nusa Indah, Balai Kartini Indonesia. Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, juga turut serta dalam menentukan tim terbaik yang berhak mewakili Indonesia di konferensi global mendatang.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini