Sukses

Tajir, CEO Amazon Kini Orang Terkaya Ketiga di Dunia

Keberhasilan Amazon menjadi e-Commerce multinasional menjadikan CEO-nya sebagai orang terkaya ketiga di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Amazon Jeff Bezos kini menjadi orang terkaya nomor tiga di dunia. Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari laman Fortune, Senin (25/7/2016), Bloomberg Billionaires Index mencatat, nilai kekayaan Bezos melampaui kekayaan miliarder Warren Buffet.

Kekayaannya juga melangkahi Amancio Ortega, pendiri Zara dengan kekayaan sebesar US$ 73 miliar atau Rp 960 triliun. Adapun, posisi pertama orang terkaya di dunia masih diduduki oleh pendiri Microsoft, Bill Gates dengan harta senilai US$ 89 miliar atau Rp 1.171 triliun.

Untuk diketahui, saat ini nilai kekayaan Bezos tercatat sekitar US$ 65,05 miliar atau Rp 855 triliun. Sedangkan nilai kekayaan Warren Buffet tercatat US$ 32 miliar atau Rp 421 triliun. 

 Sebelumnya, pada Februari, gejolak situasi global membuat kekayaan Bezos berkurang hingga US$ 43 miliar (Rp 565 triliun), tetapi setelah itu kekayaannya justru meningkat sebesar US$ 5,4 miliar (Rp 71 triliun).

Bloomberg melaporkan, kekayaan terbesar Bezos berasal dari Amazon, jaringan eCommerce yang dikelolanya. Amazon sendiri merupakan perusahaan Amerika Serikat dengan nilai valuasi tertinggi kelima setelah Apple.

Kabarnya, langkah Bezos menyalip kekayaan Buffet sebagian besar disebabkan karena CEO Berkshire Hathaway tersebut menyumbangkan donasi senilai US$ 2,2 miliar (Rp 28,9 triliun) kepada Bill & Melinda Gates Foundation.

Meski begitu, kekayaan Buffet masih melesat hingga US$ 2,7 miliar (Rp 35,5 triliun) pada 2016.

Jeff Bezos diketahui mendirikan Amazon pada Juli 1994. Berkantor pusat di Seattle, Washington, AS, kini perusahaan tersebut telah menjadi perusahaan perdagangan elektronik multinasional. Selain itu Amazon juga merupakan pengecer online (dalam jaringan/daring) terbesar di dunia. 

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.