Sukses

Hacker Pencuri Foto Bugil Artis Hollywood Resmi Dipenjara

Hacker yang mencuri foto bugil artis Hollywood telah mengaku bersalah, di mana ia telah meretas email korban dan mencuri gambar eksplisit.

Liputan6.com, Jakarta - Hacker yang mencuri foto bugil artis Hollywood telah mengaku bersalah, di mana ia telah meretas email korban dan mencuri gambar eksplisit. Hacker tersebut kini telah dihukum enam bulan penjara dan sesudahnya akan diawasi selama dua tahun.

Diwartakan Ubergizmo, Senin (25/7/2016), hukuman itu merupakan keputusan Hakim Distrik John A. Kronstadt. Hacker bernama Andrew Helton tersebut dilaporkan telah memancing korbannya menggunakan email dan menuliskan bahwa email tersebut dikirim oleh Google dan Apple.

Asisten Jaksa Amerika Serikat, Stephanie S. Christensen mengatakan bahwa Helton mengelabui korban dengan metode phishing selama lebih dari dua tahun. Helton menyimpan foto bugil sejumlah artis yang dicuri di komputernya sendiri.

Engadget melaporkan, dalam email itu terdapat tautan yang mengarahkan korban ke situs buatan Helton untuk mengumpulkan username dan password. Pelaku menggunakan informasi itu untuk mengakses lebih dari 360 akun email.

Hukuman yang dijatuhkan hakim kepada pria asal Oregon itu terbilang ringan, mengingat foto yang dicuri tidak disebar ke dunia maya. Dengan demikian, nama korban belum diketahui.

Kasus Helton sendiri berbeda dengan pencurian ratusan foto bugil artis Hollywood yang terjadi pada September 2014 atau disebut dengan "The Fappening".

Hacker penyebar foto ratusan artis tersebut adalah Ryan Collins, pria 36 tahun asal Pennsylvania, yang pada Mei lalu mengaku bersalah. Collins ditangkap pada 2013, namun Helton yang terlebih dulu disidang dan dijatuhi hukuman penjara.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini