Sukses

Pokemon Go Pecahkan Rekor 50 Juta Download di Play Store

Jumlah ini disebut masih akan bertambah, mengingat Pokemon Go belum resmi rilis di beberapa wilayah Google Play Store

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun terbilang gim baru, Pokemon Go ternyata telah berhasil mencatat rekor luar biasa dalam hal jumlah unduhan. Berdasarkan informasi dari situs analis aplikasi mobile Sensor Tower, gim itu berhasil menyentuh angka 50 juta unduhan di Google Play Store.

Pokemon Go juga mendapat predikat sebagai gim tercepat yang berhasil mencapai angka 50 juta unduhan. Dikutip dari laman Tech Crunch, Selasa (26/7/2016), gim itu mencatat rekor baru sebab hanya membutuhkan 19 hari setelah peluncuran.

Jumlah itu juga diprediksi akan terus bertambah, mengingat gim ini belum secara resmi hadir di beberapa negara. Untuk saat ini, Pokemon Go baru tersedia di 32 wilayah dari 100 wilayah yang masuk cakupan Google Play Store.

Sebagai perbandingan, sejauh ini gim lain yang juga mendapat predikat gim tercepat mencapai unduhan di 50 juta perangkat adalah Color Switch dan Slihter.io.

Namun, masing-masing gim itu memerlukan waktu 77 dan 81 hari untuk bisa mencapai 50 juta unduhan.

Gim besutan Niantic Labs dan Nintendo itu juga diprediksi bisa menyentuh angka 100 juta unduhan dalam waktu dua bulan.

Secara keseluruhan, gim ini disebut telah diunduh lebih dari 75 juta di perangkat berbasis Android dan iOS di seluruh dunia.

Kesuksesan gim ini juga disebut berpengaruh ke nilai saham Nintendo. Sebelumnya, saham perusahaan itu berhasil melonjak lebih dari 20 persen pada awal perdagangan di bursa Jepang.

Pokemon Go sendiri mengawali peluncurannya di Australia dan Selanda Baru, lalu hadir di beberapa negara lain di wilayah Amerika, Eropa, dan terbaru Asia. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini