Sukses

5 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Bermain Pokemon Go

Liputan6.com, Jakarta - Pokemon Go saat ini tengah menjadi gim yang digandrungi pengguna smartphone. Gim yang berbasis augmented reality dan lokasi ini memungkinkan pemain mengumpulkan Pokemon, mendapatkan beragam item, dan bertarung dengan pemain Pokemon Go lain di Gym.

Sayangnya, gim iitu dikenal cukup menguras baterai smartphone yang dipakai bermain. Terlebih, Pokemon Go mewajibkan GPS selalu menyala.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com memberikan lima cara menghemat baterai saat bermain Pokemon Go, seperti dikutip dari HaloMoney, Selasa (26/7/2016).

1. Manfaatkan fitur Battery Saver

Pokemon Go ternyata memiliki mode Battery Saver, yang dapat dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan baterai. Kamu cukup membuka menu Setting, lalu centang Battery Saver.

Setelah aktif, mode ini memungkinkan layar mati ketika smartphone menghadap ke bawah. Namun, tak perlu khawatir sebab smartphone akan tetap bergetar ketika berada di dekat Pokemon.

Untuk mengaktifkan layar kembali, kamu cukup mengangkat ponsel dan menangkap Pokemon yang muncul. Fitur ini juga dapat membantu kamu lebih berkonsentrasi dengan lingkungan sekitar.

Baca juga: 5 Cara Jenius Memanfaatkan Pokemon GO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu

2. Matikan musik dan efek suara

Musik dan efek suara di gim Pokemon Go dapat dimatikan, jika kamu memang merasa tak memerlukannya.

Meski sebenarnya hanya sedikit mengonsumsi daya baterai, ketika dilakukan dalam jangka panjang cukup banyak energi baterai yang bisa dihemat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Augmented Reality

3. Matikan fungsi Augmented Reality

Salah satu fitur unggulan dari Pokemon Go adalah augmented reality. Lewat fitur ini, pemain dapat seolah-olah menangkap monster di lokasi dunia nyata.

Sayangnya, fitur ini cukup menghabiskan baterai. Untuk itu, tak ada salahnya fitur ini bisa dimatikan dulu ketika bermain. Kamu dapat mengaktifkannya kembali saat ingin mengambil gambar monster dengan latar dunia nyata. 

Baca Juga: Tangkap 4 Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokemon GO!

4. Kurangi tingkat kecerahan layar

Untuk menghemat baterai, tingkat kecerahan layar atau brightness juga dapat diatur agar lebih redup. Kamu bisa melakukannya langsung di pengaturan smartphone.

Hanya, keadaan layar redup mungkin akan sedikit mengganggu kesenangan bermain dalam beberapa kondisi, seperti saat bermain di luar gedung atau bermain di bawah sinar matahari.

Baca juga: 4 Deal Terbaik di Musim Ini untuk Menjadi Seorang Pokémon Master!

5. Beli powerbank

Jika cara-cara di atas belum membuahkan hasil, tak ada salahnya memanfaatkan powerbank untuk melakukan pengisian daya.

Beragam pilihan modus pembayaran powerbank pun mudah ditemukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kartu kredit atau promo cashback dan diskon.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini