Sukses

Gara-Gara Pokemon Go, Apple Bakal Investasi di Augmented Reality

Liputan6.com, Jakarta - Apple memastikan diri akan berinvestasi di teknologi Augmented Reality (AR). Hal itu tersebut diungkap langsung oleh Tim Cook di hadapan para investor, menyusul prediksi kesuksesan teknologi ini di masa depan.

Ia juga tak menafikan tren Pokemon Go menjadi salah satu alasan teknologi AR akan semakin berkembang menjadi hal hebat. Meskipun belum dipastikan platform komputasi selanjutnya, AR dipastikan menjadi sesuatu yang besar.

"Kami sudah dan terus berinvestasi di AR dalam jangka panjang," ucapnya seperti dikutip dari laman The Guardian, Rabu (27/7/2016). Pun demikian, belum dapat dipastikan langkah perusahaan yang berbasis di Cupertino itu selanjutnya.

Apple sendiri bukan perusahaan pertama yang memastikan diri berinvestasi dan ikut mengmbangkan AR. Sebelumnya, Google juga disebut akan lebih fokus ke AR ketimbang Virtual Reality (VR) lewat program yang diberi nama Project Tango.

Alasannya, publik dirasa tak akan terlalu banyak berinvestasi pada teknologi VR. Salah satu penyebabnya adalah perangkat VR saat ini tak memiliki desain yang ringkas.

Hal berbeda ditawarkan melalui teknologi AR. Raksasa mesin pencari itu menyebut teknologi ini memungkinkan pengguna tetap memaki perangkat yang lebih ringkas, salah satunya melalui smartphone.

Bahkan, perusahaan yang kini dipimpin Sundar Pichai itu telah menjalin kerja sama dengan Lenovo untuk membuat perangkat AR. Lenovo Phab2 Pro adalah produk perdana hasil kerja sama dua perusahaan itu.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.