Sukses

5 Fitur Google yang Tak Kamu Ketahui

Google rupanya punya fitur-fitur tersembunyi pada aplikasi Dokumen, Spreadsheet, dan Slide yang mungkin tak kamu ketahui. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan teknologi dan internet untuk bekerja sudah umum dilakukan. Pasti beberapa di antara kita sering menggunakan fitur Google, seperti fitur Dokumen (Google Docs), Spreadsheet, dan Slide.  

Namun, tahukah kamu ada beberapa fitur lain milik Google yang sebetulnya sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan?

Dikutip dari keterangan tertulis Google kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (29/7/2016), simak ulasannya berikut ini:  

1. Mengetik dengan Suara

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetik, mengubah (edit), dan memformat dokumen tanpa ketikan. Hal ini lantaran Google Dokumen kini menggunakan teknologi pengenalan suara (speech recognition) di belakang Google Now.

Fitur ini dapat membantu kamu menulis sebuah email dan hal lainnya tanpa menyentuh keyboard.  

2. Riset di Dokumen

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penelusuran atau pencarian di Google tanpa meninggalkan Dokumen. Ketika kamu telah menemukan apa yang dicari, kamu bisa langsung menyertakannya ke dokumen itu.

Dengan fitur ini, pengguna bakal lebih hemat waktu untuk melakukan penelusuran dan menyelesaikan dokumen kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplor Spreadsheet

3. Eksplor Spreadsheet

Melalui fitur yang disediakan di Google Sheets ini, pengguna dapat menganalisis data tanpa harus menjadi seorang ilmuwan.

4. Mode Offline

Meskipun tak terhubung dengan jaringan internet, kamu masih bisa melihat dan mengubah file termasuk Google Docs, Google Sheets, serta Google Slides. Fitur ini bisa memastikan agar kamu bisa selalu produktif secara virtual di mana saja.

5. Template di Google Dokumen

Template terbaru pada Google Dokumen didesain oleh para ahli di bidangnya dan diperuntukkan untuk pengguna. Pekerjaan pun bisa terlihat lebih profesional.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.