Sukses

Canggih, Kacamata Ini Bisa Memotret dengan Kedipan Mata

Perusahaan asal Jepang mengembangkan sebuah kamera berbentuk kacamata, di mana foto dapat diambil lewat kedipan mata saja.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan Google Glass? Jika Anda lupa, Google Glass merupakan gadget besutan Google yang berfungsi layaknya smartphone.

Tak jauh berbeda dengan Google Glass, perusahaan asal Jepang mengembangkan sebuah kamera berbentuk kacamata. Menariknya, eyewear bernama Blincam ternyata berfungsi seperti kamera.

Seperti dikutip dari Wareable, Jumat (29/7/2016), kacamata ini mampu menjepret foto hanya dengan kedipan mata. Perusahaan menyematkan sensor sebagai pendeteksi gerakan mata sebagai kode untuk mengaktifkan shutter kamera. 

Sensor tersebut mampu membedakan kedipan buatan dan kedipan alami untuk memastikan eyewear ini tak terus-terusan memotret foto sepanjang hari.

Foto hasil jepretan sendiri Blincam dapat dikirim ke ponsel via nirkabel atau disimpan di microSD.

Sejauh ini, spesifikasi yang sudah diketahui ini adalah Blinkcam memilki baterai tertanam dan memiliki port USB untuk tambahan daya. Namun, belum diketahui berapa lama Blincam bertahan. 

Perusahaan pembesut Blincam telah memasarkannya di situs pengumpulan dana Jepang, Makuake, dengan harga jual per unit 19,800 atau setara US$ 200. Produk ini baru dipasarkan massal mulai 2017.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.