Sukses

5 Dampak Media Sosial Ini Bisa Menghancurkanmu

Liputan6.com, Jakarta - Di era digital yang sedang berkembang pesat, kita “dipaksa” untuk meyakini bahwa semakin banyak informasi yang kita miliki, maka semakin baik. Kemudian berkembanglah media sosial.

Media sosial seharusnya bisa menjadi alat penyeimbang yang baik dalam kehidupan kita. Namun sayangnya, sekarang ini kita terlalu banyak membagikan informasi kepada orang asing.

Nyatanya, media sosial memiliki sisi buruk tersendiri.

Semakin banyak orang yang membagikan infomasi dalam bentuk apa pun, maka akan semakin serius dampak yang mungkin akan muncul.

Berikut adalah lima dampak media sosial yang bisa menghancurkan kamu. 

1. Terlalu Banyak Sharing

Terlalu banyak posting, baik itu foto, video, maupun opini menjadi tidak baik karena orang lain akan ikut mengomentari kehidupan kamu. Karena sekali kamu mengunggah sesuatu ke dalam dunia maya, selamanya akan tetap ada di situ tanpa bisa dihapus.

2. Sharing Sesuatu yang Tidak Sepantasnya

Banyak yang beranggapan ketika kita mengunggah sesuatu adalah sesuatu yang wajar dan lucu. Tapi banyak pula dari kita yang tidak bisa membedakan mana lelucon yang bisa diunggah dan mana yang tidak.

Seharusnya, dari sini kamu bisa membedakan apakah lelucon kamu bisa menghibur atau justru menyakiti perasaan orang lain.

3. Kecanduan Facebook

Diwartakan Lifehack, Rabu (31/8/2016), kecanduan Facebook merupakan salah satu lelucon konyol lain yang menjadi suatu masalah baru.

Ini sangat berbahaya. Selain mencegah kamu bersosialisasi dengan dunia nyata, kecanduan Facebook pun akan membuat kamu merasa cemas dan tidak nyaman.

4. Menjadi Artis Maya

Artis Instagram atau Selebgram sedang menjamur di era teknologi saat ini. Banyak dari mereka bisa menjadi miliarder hanya dengan menjadi artis di dunia maya.

Terkadang alasan kamu bisa menjadi artis di dunia maya karena kamu terlalu sering mem-posting sesuatu yang disuka banyak orang atau mem-posting sesuatu yang salah.

Namun, ketika seseorang menjadikan kamu sebagai role model-nya, dalam sekejap kamu bisa menjadi artis di dunia maya dengan ribuan fans.

5. Tidak Memiliki Privasi

Bahaya yang sesungguhnya dari media sosial adalah ketika seseorang mampu melacak nama, nomor ponsel, atau bahkan alamat rumah kamu yang tanpa disadari akan menghancurkan hidup kamu secara perlahan.

Kenapa bisa begitu? Banyak dari kita yang terlalu asyik mengunggah, baik cerita, pengalaman, foto, hubungan kamu dengan kekasih atau keluarga yang tanpa disadari bisa menyinggung atau bahkan menyakiti perasaan orang lain.

Suatu saat, media sosial bisa membuat kamu tersenyum, tapi di sisi lain bisa membuat kamu "hancur" dalam sekejap.

(Nabila/Isk)