Sukses

4 Pengaruh Positif Teknologi untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi

Berikut ini adalah empat pengaruh positif teknologi bagi kamu yang ingin mulai mengelola keuangan pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, teknologi abad 21 telah berkembang sangat pesat dibandingkan abad sebelumnya. Saat ini, mudah dijumpai orang yang biasa memakai laptop atau smartphone ke berbagai tempat.

Teknologi juga memudahkan kita memesan makanan atau belanja secara online. Di sisi lain, teknologi berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan seseorang.

Jika sebelumnya seseorang terbiasa menyimpan uang di rumah atau bank, teknologi ternyata menawarkan hal berbeda. Penasaran dengan yang ditawarkan teknologi untuk keuangan seseorang? Untuk itu, Tekno Liputan6.com merangkum informasi mengenai pengaruh positif teknologi pada pengelolaan keuangan yang dikutip dari HaloMoney.

1. Fasilitas eMoney

eMoney merupakan saldo uang yang disimpan di suatu rekening bersama (escrow) dan dapat digunakan untuk transaksi pembelian barang atau jasa. Transaksi dapat dilakukan secara online dan offline.

Salah satu eMoney populer di luar negeri adalah PayPal, sedangkan di Indonesia ada yang disebut rekening ponsel, yang biasanya dapat digunakan untuk membayar penjual yang telah bekerja sama dengan bank penyedia fasilitas.

eMoney sangat membantu untuk memudahkan proses transaksi, terutama untuk seseorang yang kerap melakukan transaksi dalam skala internasional.

Baca Juga: TANGKAP 4 Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokémon GO!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi smartphone

2. Aplikasi smartphone untuk mengelola budget

Budget merupakan salah satu teknik umum yang digunakan dalam manajemen keuangan pribadi. Lewat cara ini, seseorang bisa memerkirakan jumlah uang yang harus ditabung. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga sekaligus mencari celah penghematan.

Kehadiran aplikasi di smartphone, memungkinkan kamu membuat budget tanpa perlu memiliki keahlian manajemen keuangan atau rumus-rumus di Microsoft Excel.

Baca juga5 Cara Jenius Memanfaatkan Pokémon GO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu

3. Internet Banking

Fasilitas internet banking memungkinkan kamu memindahkan saldo uang di bank ke rekening lain, tanpa perlu repot pergi langsung ke ATM atau bank. Tak hanya itu, fasilitas ini dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi lebih cepat.

Cek saldo tabungan, mutasi rekening, saldo cicilan kredit, atau pembayaran transaksi rutin, merupakan beberapa transaksi yang dapat dilakukan lewat internet banking.

Baca juga: 5 Deal Terbaik untuk Hemat Kebutuhan Back To School si Kecil

4. Tambah penghasilan sampingan dengan modal smartphone

Dulu, cara orang menghasilkan uang terkadang hanya terpaku pada dua pilihan, yakni bekerja ke orang lain atau membuka bisnis konvensional seperti restoran atau toko fisik.

Namun, berkat kemajuan teknologi ada banyak yang hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Contohnya, Mark Zuckerberg yang berhasil menjadi miliarder dengan memanfaatkan internet.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini