Sukses

Nexus Terbaru Bakal Hadir dengan Launcher Android Anyar?

Salah satu perubahan besar yang dilakukan Google adalah menghilangkan app drawer dari halaman muka Android

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai seri Nexus 2016 kembali muncul di internet. Kali ini, sistem Android di seri ponsel Google itu disebut-sebut akan hadir dengan tampilan launcher baru.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laman Android Police beberapa waktu lalu. Berdasarkan bocoran gambar yang diunggah, salah satu perubahan besar adalah hilangnya ikon app launcher.

Tampilan launcher anyar yang disebut ada di seri Nexus terbaru (sumber: engadget.com)
Dikutip dari laman The Next Web, Kamis (4/8/2016), cara mengakses aplikasi ternyata menggunakan gerak sapuan. Jadi, pengguna cukup menyapu layar dari bawah ke atas untuk menampilkan semua aplikasi.

Selain itu, kolom pencarian Google juga tak lagi terlihat. Kolom pencarian dalam launcher terbaru ini diganti dengan menampilkan ikon huruf 'G' besar. Untuk mulai pencarian, pengguna cukup mengetuk ikon huruf tersebut.

Fungsi ikon tersebut juga diperkirakan tak sekadar menjadi pengganti kolom pencarian.

Beberapa pihak menyebut tombol tersebut akan menjadi akses untuk berbagai fungsi Google Assistant terbaru yang hadir bersama dengan Android Nougat.

Tampilan lain yang juga mengalami perubahan adalah desain folder yang kini berbentuk lingkaran. Google sendiri diperkirakan masih akan merombak beberapa desain, sehingga besar kemungkinan masih ada tampilan yang berubah.

Sebagai informasi, Google sendiri kabarnya telah mempersiapkan dua ponsel seri Nexus untuk tahun ini. HTC diyakini merupakan rekan kerja raksasa mesin pencari itu dalam menggarap smartphone yang memiliki kode Sailfish dan Marlin ini.

Nexus Marlin dikabarkan memiliki material metal dengan layar berukuran 5,5 inci. Sedangkan Sailfish dengan ukuran lebih kecil yaitu 5,2 inci dibalut bodi plastik.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini