Sukses

Tips Buat Profil LinkedIn Agar Mudah Dapat Pekerjaan

Terlepas apakah kamu sedang merintis bisnis atau baru terjun ke dunia kerja, LinkedIn adalah alat jejaring yang tepat untuk para profesional

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas apakah kamu sedang merintis bisnis atau baru terjun ke dunia kerja, LinkedIn adalah alat jejaring yang tepat untuk membantu kamu mencapai jenjang karir profesional yang kamu inginkan.

Tak hanya berguna besar untuk kamu, LinkedIn banyak digunakan oleh tim HRD atau pemilik bisnis untuk mencari calon karyawan yang berpotensi dan sesuai dengan kriteria yang dicari sebelum melakukan wawancara.

Untuk membantu kamu menciptakan sebuah profile LinkedIn yang lebih menarik, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan idaman melalui LinkedIn.

1. Foto

Menurut sebuah studi 2012 oleh TheLadders, perekrut menghabiskan 19 persen dari waktu mereka untuk melihat gambar atau foto para kandidat yang menjadi incaran. Agak aneh, tapi itulah faktanya. Tampaknya pas foto yang menarik menjadi faktor yang cukup mempengaruhi.

2. Headline

Selain foto, headline profil merupakan hal selanjutnya yang dibaca oleh pencari tenaga kerja. Karena itu, manfaatkan 120 karakter yang kamu miliki untuk memberikan deskripsi profesional yang unik tentang dirimu.

3. Resume

Setelah foto dan headline, resume adalah elemen terpenting lainnya yang patut kamu perhatiakan. Walau LinkedIn menyediakan 2.000 karakter untuk menjelaskan lebih detail tentang diri kamu, ada baiknya untuk membuat resume yang lebih menonjolkan latar belakang, prestasi besar dan tujuan Anda.

Ringkasan diri kamu akan sangat membantu perekrut untuk mengenali hal-hal di luar pekerjaan kamu. Jelaskan pula mengapa kamu mencintai aktivitas yang sedang kamu lakukan saat ini dan mengapa kamu ingin melakukan sesuatu yang baru.

(Msu/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini