Sukses

Lollipop Masih Mendominasi Sistem Operasi Android

Data sebaran sistem operasi Android baru saja diperbarui awal bulan ini. Android Lollipop ternyata masih mendominasi.

Liputan6.com, Jakarta - Data sebaran sistem operasi Android baru saja diperbarui awal bulan ini. Dari data tersebut terpantau sejumlah hal menarik.

Mengutip informasi Android Developers dan Android Police, Jumat (5/8/2016), Android Marshmallow telah bertumbuh menjadi 15,2 persen dari 13,3 persen pada data sebelumnya. Artinya, ada peningkatan 1,9 persen.

Kemudian Android Lollipop 5.0 dan 5.1 secara akumulatif meningkat 0,4 persen. Sebelumnya Android versi tersebut hanya mengantongi 35,1 persen, sedangkan saat ini persentasenya meningkat menjadi 35,5 persen.

Dengan raihan tersebut, Android Lollipop masih mendominasi, yang diikuti oleh Android KitKat 4.4 dengan persentase 29,2 persen. Android KitKat 4.4, menurut data sebelumnya, hanya mengantongi 30,1 persen. Dengan demikian, ada penurunan 0,9 persen.

Bagaimana dengan Android versi lawas lainnya? Android Jelly Bean versi 4.1.x, 4.2.x, dan 4.3 secara akumulatif membukukan angka 16,7 persen. Angka tersebut turun 1,1 persen dari sebelumnya 17,8 persen. Kemudian persentase Android Froyo 2.2 dan Android Gingerbread 2.3 masing-masing hanya 0,1 dan 1,7 persen. 

Sekadar informasi, merujuk pada laporan Gartner, pangsa pasar penjualan ponsel berbasis Android di seluruh dunia per kuartal pertama 2016 mencapai 84,1 persen. Angka tersebut meningkat cukup signifikan bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 78,8 persen.

By the way, di antara tujuh Android tersebut di atas, manakah yang berjalan di ponsel kamu?

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

Video Terkini