Sukses

Telkom Gaet Telstra Investasi Bersama di Startup Asia Tenggara

Telkom dan Telstra akan membangun komite penanaman modal bersama untuk mengeksplorasi kesempatan investasi hingga berbagi informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Corporate Venture Capital untuk Telkom, PT Metra Digital Investama (MDI) menandatangani nota kesepahaman dengan Telstra Ventures untuk berinvestasi gabungan pada startup yang sedang berkembang pesat di Asia Tenggara.

Dalam keterangan resmi kepada tim Tekno Liputan6.com, Jumat (5/8/2016), Telkom dan Telstra akan membangun komite penanaman modal bersama untuk mengeksplorasi kesempatan investasi dan berbagi informasi, sumber, dan gagasan bisnis.

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Metra Digital Investama, Nicko Widjaja dan Group Executive International & New Businesses Telstra, Cynthia Whelan, yang disaksikan Direktur Innovation & Strategic Portofolio Telkom, Indra Utoyo pada Kamis (4/8/2016) kemarin.

Indra mengatakan kesepakatan ini memberikan akses kepada Telkom untuk mempelajari pengalaman dan hubungan dengan Silicon Valley di Amerika Serikat (AS), Tiongkok, atau negara lainnya.

"Kami dan Telstra telah  membangun hubungan baik dengan membawa aplikasi jaringan dan jasa ke Indonesia selama dua tahun terakhir," ujar Indra.

Sementara itu, Whelan menambahkan pihaknya telah mengucurkan dana sebesar US$ 200 juta ke lebih dari 30 perusahaan teknologi selama 5 tahun terakhir. 

"Ini memberikan kami sumber pendapatan baru serta cutting edge technology yang dapat kami gunakan untuk pelanggan kami," jelasnya. 

Whelan menilai besarnya populasi dan pelaku usaha di Asia Tenggara akan membuka peluang besar bagi Telkom dan Telstra. Apalagi ekosistem pengguna media sosial dan ponsel di Asia Tenggara termasuk paling besar di dunia.

Bagi Telstra, peluang ini khususnya akan ada pada sektor eCommerce, aplikasi, dan solusi mobilitas. 

(Cas/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.