Sukses

Inilah 11 Pemenang Rice Bowl Startup Award 2016

Liputan6.com, Jakarta - Sebelas rintisan usaha (startup), entitas maupun individu, didapuk sebagai pemenang dalam Rice Bowl Startup Award (RBSA) 2016 di Cr8 Coworking Space, Jakarta, Rabu (3/8/2016) malam.

Menurut Herry Fahrur Rizal, Country Ambassador RBSA Indonesia, para pemenang kategori Startup of the Year adalah Go-Jek. Sementara founder sekaligus CEO Go-Jek Nadiem Makarim memperoleh penghargaan Founder of the Year.

Kategori individu lainnya adalah Developer Hero (Sofian Hadiwijaya), Startup Journalist of the Year (Nadine Freischlad dari Techin Asia), serta Best Social Media Influencer (Aulia Masna).

"Untuk pemenang lainnya, kategori korporasi adalah Best New Comer yakni Yess Boss, Game Changer e-Fishery, Best Professional Investor Convergence Ventures, Best Campaign of the Year Tokopedia, Best Social Entrepreneur for Tech Startup Ruang Guru, dan Tech Support/ Service Provider of the Year oleh Veritrans," katanya Herry kepada Tekno Liputan6.com di Bandung, Kamis (4/8/2016) malam.

Penghargaan ini ditujukan bagi startup berkembang untuk level nasional, regional, dan akhirnya global. RBSA diklaim hadir sebagai ajang penghargaan pertama yang menggunakan konsep nominasi per kategori, public voting, dan juga penilaian dewan juri.

Tahun lalu, di level Asean, pertama kali diadakan di Malaysia. Tahun ini, RBSA diadakan di hampir semua negara ASEAN, yang mana pemenang tiap negara kemudian akan dilombakan menuju pemenang di tingkat ASEAN.

Di Indonesia, proses seleksi dilakukan enam ambassador dari kalangan startup, ventura, media, dan komunitas. Mereka memilih lima startup sebagai kandidat di setiap kategori.

Public Voting pun dibuka agar masyarakat bisa memberikan voting terhadap para startup yang dinobatkan sebagai nominasi. Di fase selanjutnya, tiga dewan juri akan turut memberikan pilihan terhadap siapa yang akan menjadi pemenang di masing-masing kategori.
Country Ambassador RBSA Indonesia Herry Fahrur Rizal (kedua kanan) di sela-sela RSBA 2016 berpose dengan salah seorang pemenang yakni CEO e-Fishery Gibran Huzaifah (kedua kiri) dan para kreator muda. (Sumber: Herry Fahrur Rizal)
Menurut Herry, pemenang regional kelak akan dibawa dalam helatan Global Startup Awards guna mempertandingkan lebih dari pemenang dari 25 negara kontestan pada tahun ini.

"RBSA bermaksud mengapresiasi para pelaku startup atas inovasi, dedikasi, dan solusi yang mereka hasilkan. Kami harapkan pula melalui penghargaan ini akan lahir kolaborasi antar-startup, komunitas, dan investor antar negara-negara di Indonesia umumnya dan ASEAN khususnya," tutupnya.

(Msu/Isk)