Sukses

Teknologi Terbaru Google Bikin Akses Situs Mobile Lebih 'Ngebut'

Google merilis teknologi Aplikasi Web Progresif (PWA) yang mampu memuat sebuah situs mobile lebih cepat seperti penggunaan aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya memperkenalkan Accelerated Mobile Pages, Google kembali hadir dengan produk baru di bidang internet. Kali ini, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley itu merilis teknologi Aplikasi Web Progresif (PWA).

Strategic Partner Manager Google Asia Tenggara, Rica Handaya menuturkan teknologi ini mampu memuat sebuah situs mobile lebih cepat seperti menggunakan aplikasi.

"PWA menghadirkan user experience seperti aplikasi, tapi sebenarnya adalah situs mobile," ucapnya di acara Google for Indonesia di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Bukannya tanpa alasan, teknologi ini menyajikan performa lebih cepat, push notification, dan kemampuan metadata untuk menampilkan ikon layaknya shortcut di laman depan smartphone.

Rica mengungkap, kehadiran PWA tak akan mengganggu AMP. Bahkan, teknologi ini hadir untuk melengkapi teknologi yang lebih dulu diperkenalkan tersebut.

Bahkan, menurut wanita yang pernah menempuh pendidikan di Universita Pelita Harapan itu, AMP disediakan untuk memberi akses konten yang lebih cepat lewat Google Search.

Sementara, PWA memungkinkan sebuah situs mobile yang menawarkan interaksi layaknya aplikasi. Oleh sebab itu, kedua teknologi ini disebut hadir untuk saling melengkapi.

Teknologi ini juga disebut sudah bisa dipakai pada semua peramban internet. Hanya, beberapa peramban internet tersebut tidak memiliki fitur selengkap yang ada di Google Chrome.

"Teknologi ini juga membantu pengguna smartphone yang ingin merasakan pengalaman memakai aplikasi tapi memiliki kapasitas memori terbatas." Tutupnya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.