Sukses

Untung Besar, Square Enix Raup Rp 6,5 Triliun

Perusahaan gim pembesut Final Fantasy, Square Enix, sudah meraup pendapatan super sebanyak Rp 6,5 triliun.

Liputan6.com, Tokyo - Meski Final Fantasy XV belum dirilis, publisher gim kenamaan Square Enix rupanya sudah mendulang untung besar-besaran.

Dilansir Gamespot, Minggu (14//8/2016), perusahaan gim asal Negeri Sakura tersebut telah mengantongi pendapatan dengan total yang terbilang fantastis. Dalam laporan pendapatan per tiga bulan yang berakhir pada 20 Juni 2016 lalu, pendapatan Square Enix dilaporkan telah meningkat 21,2 persen menjadi 51,2 miliar Yen atau setara dengan Rp 6,5 triliun.

Tak hanya itu, pendapatan operasional penerbit gim yang sebelumnya bernama SquareSoft ini juga naik sebanyak 13,1 persen dengan angka 8,95 miliar Yen atau setara dengan Rp 1,1 triliun. Diungkap, divisi gaming SquareEnix yaitu Digital Entertainment menjadi penyumbang terbesar yang telah menggenjot pendapatannya.

Kenaikan pendapatan Square Enix tentu disertai alasan masuk akal. Yang pertama, seperti disampaikan pihak Square Enix, peningkatan pemasukan terjadi karena adanya gim-gim untuk perangkat pintar dan PC yang memperlihatkan performa baik, ambil contohnya untuk seri Dragon Quest Heroes II yang mendapatkan antusiasme positif dari para pemainnya. Selain itu, penjualan katalog gim Square Enix juga dilaporkan menjadi faktor terkuat.

Untuk keseluruhan, pendapatan Digital Entertainment telah mencapai 37,5 miliar Yen atau setara dengan Rp 4,8 triliun, naik 23,9 persen dari tahun lalu. Pendapatan operasionalnya naik 15,6 persen dari tahun lalu menjadi 9,5 miliar Yen atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Sementara, divisi non gaming seperti amusement, publication dan merchandising pun diketahui turut mengambil andil dalam meningkatkan pemasukan perusahaan yang berbasis di kota Shinjuku, Jepang tersebut.

Jika Final Fantasy XV dirilis pada September 2016 nanti, kira-kira pendapatan Square Enix bakal meroket seberapa banyak ya?

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.