Sukses

Inikah 'Otak' yang Bakal Memacu iPhone 7?

Prosesor terbaru Apple A10 yang bakal digunakan di iPhone 7 beredar di jejaring sosial Weibo. Seperti apa penampannya?

Liputan6.com, Cupertino - Bocoran terbaru seputar iPhone 7 kembali menyeruak ke permukaan. Kali ini, bocoran tersebut tidak mengungkap desain atau spesifikasi smartphone terbaru buatan Apple tersebut.

Bocoran itu malah memperlihatkan 'otak' yang bakal memacu iPhone 7, yakni chip prosesor terbaru Apple A10.

Dilansir Mashable dari MacRumors pada Senin (15/8/2016), bocoran itu beredar di jejaring sosial Weibo. Namun, penampakan chip tersebut belum bisa dipastikan apakah akan digunakan pada iPhone 7 atau 7 Plus.

Apple diprediksi kuat akan menggunakan chip A10 pada iPhone 7 sebab mereka telah menggunakan prosesor A8 di seri iPhone 6 dan prosesor A9 untuk iPhone 6s. Chip terbaru ini juga diduga akan memiliki sejumlah peningkatan drastis pada segi performa. 

 Apple diketahui telah merancang prosesor secara mandiri sejak mereka merilis iPad edisi pertama. Kala itu, Apple menyematkan prosesor A4 untuk iPad lawasnya.

Seiring waktu berjalan, mereka mengembangkan chip dan merilisnya setiap tahun dengan peningkatan performa prosesor dan grafis. Bahkan, prosesor ini disebut-sebut mampu mengalahkan prosesor buatan Qualcomm, yakni Snapdragon,

Sebelumnya, wartawan teknologi Evan Blass sempat mengungkap iPhone 7 akan dirilis pada 12 September. Rilis generasi ketujuh iPhone ini bisa dibilang lebih cepat dari biasanya. Buktinya, iPhone 6s dan 6s Plus dirilis pada akhir September tahun lalu.


Sejauh ini tidak ada bukti pendukung prediksi Blass soal rilis iPhone 7 pada 12 September mendatang. Hanya saja, belum lama ini isu seputar bocoran iPhone 7 sudah beredar luas di ranah maya.

Bahkan, Blass sempat mengungkap kode nama iPhone 7 terbaru: Sonora dan Dos Palos.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.