Sukses

Terkena Jebakan Spambot di Facebook? Begini Solusinya

Bagaimana caranya supaya tetap nyaman di Facebook tanpa takut terkena "jebakan batman", terutama spambot Siapalihat yang sedang gencar beber

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana caranya supaya tetap nyaman di Facebook tanpa takut terkena "jebakan batman", terutama spambot Siapalihat yang sedang gencar beberapa hari ini?

Muhammad James Falahuddin, CEO PT Codephile Rekadaya Mandiri mengatakan, spambot akan sangat mengganggu karena kerap mengirim posting tanpa disadari si pemilik akun Facebook.

Spambot Siapalihat di Facebook

Di sisi lain, ketika kita sudah mengklik oke karena terpancing spambot, sebenarnya kita sudah menyetujui data-data penting kita diketahui.

Antara lain public profile, friend list, email address, custom friends lists, messages, friend requests, News Feed, relationships, relationship interests, birthday, chat status, notes, work history, status updates, education history, events, groups, hometown, dan banyak lagi.

Lantas, apa solusinya kalau sudah telanjur klik? Menurut James, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, laporkan ke Facebook, sehingga nantinya Spambot tersebut akan dideaktivasi. Klik tautan ini untuk memproses laporan https://www.facebook.com/help/205730929485170

Cara lainnya adalah, pengguna cukup perlu masuk Setting > List Application > Remove Application (Spambot Siapalihat).

"Normalnya spambot itu akan langsung berhenti begitu kita remove. Tapi kalau spambot itu sudah sedemikian diakali, masih bisa terus ada. Kalau masih ada, solusi terakhir ya terpaksa tutup akun lama dan memulai hidup baru dengan akun baru," tutur Pengawas Forum Alumni Universitas Telkom ini. 

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.