Sukses

Tak Hanya Browser, Opera Juga 'Genjot' Fitur Pada 4 Layanan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Opera membuktikan mereka tak hanya exist pada layanan peramban. Buktinya, perusahaan Norwegia tersebut baru saja mengungkap fitur-fitur terbaru pada layanan selain peramban, seperti Opera Max, Opera VPN, Opera for PC serta Opera Mini for Android.

Disampaikan Huib Kleinhout, Product Manager Opera Software Norway saat mengisi sesi presentasi media briefing Opera, terdapat beberapa fitur yang dioptimalkan di empat layanan ini demi memaksimalkan user experience.

"Fitur yang dioptimalkan pada Opera Max adalah penghematan data sebanyak 60 persen ketika video streaming. Ada juga fitur Smart Alerts yang dapat menghemat hingga 30 persen paket data. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengatur dan menghemat data. Jadi, fitur ini akan memberi tahu pengguna saat Opera Max menangkap aplikasi apa pun," kata Kleinhout kepada Tekno Liputan6.com di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Layanan lain yang fiturnya "digenjot" Opera adalah Opera VPN. Kleinhout mengungkap, saat ini Opera VPN baru tersedia untuk perangkat iOS saja. Lewat layanan ini, pengguna bisa browsing dengan aman dan tak perlu membayar untuk mendapatkan akses dari VPN.

Untuk Opera for PC, ia menerangkan beberapa optimisasi fitur terbaru, seperti fitur hemat daya baterai hingga 50 persen, serta fitur pemblokir iklan yang dapat mempercepat loading halaman sebanyak 90 persen.

"Opera for PC juga menghadirkan fitur Video Pop Out terbaru. Pengguna jadi dapat dengan mudah melepaskan dan memindahkan video ke sisi layar dan dapat menonton sambil bekerja dan browsing," tutur Klienhout menjelaskan. "Fakta menarik soal fitur ini, pengguna internet di seluruh dunia telah menggunakan Video Pop Out di Opera for PC hingga 842 ribu jam setiap bulan."

Adapun Opera Mini for Android, seperti dipaparkan Kleinhout, mempunyai tiga fitur terbaru antara lain Video Boost yang dapat mengurangi ukuran data video dan ketika dioptimalkan, video akan berputar lebih cepat.

"Opera Mini for Android juga memiliki Ad-Blocker yang mampu memuat halaman lebih cepat dibanding Chrome, sebab fitur pemblokir iklan ini sudah didukung teknologi kompresi data yang ada di dalam peramban. Yang terakhir adalah fitur Video Downloader yang membuat pengguna dapat mengunduh video yang diunggah langsung ke media sosial atau platform video tanpa harus memasang aplikasi atau pergi ke situs lain," ujar Klienhout menerangkan.

Strategi Opera ini bisa dibilang jitu. Pasalnya, persaingan perusahaan penyedia browser di Indonesia kian ketat seiring dengan makin banyaknya browser yang muncul di tengah-tengah pengguna internet.

Oleh karena itu, untuk dapat bertahan, Opera Software Indonesia berusaha memberikan layanan yang memiliki relevansi dengan kebutuhan penggunanya dengan cara mengoptimalkan fitur-fitur layanan ini.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini