Sukses

Nongol di GFX Benchmark, Ini Spesifikasi Huawei Mate 9

Huawei Mate 9, smartphone flagship terbaru dari Huawei nongol di GFX Benchmark, begini spesifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi lanjutan dari phablet Huawei Mate 8 dirumorkan bernama Huawei Mate 9. Perangkat berbasis Android ini beserta spesifikasinya terungkap melalui sebuah laman pengujian benchmark.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Tech Times, Selasa (16/8/2016), perusahaan Tiongkok ini mulanya dikabarkan bakal merilis Huawei Mate 9 pada ajang IFA, 1 September 2016.

Mobile Product Manager Huawei Bruce Lee mengkonfirmasi kabar tersebut. Lee mengungkap, debut Huawei Mate 9 di ajang IFA 2016 merupakan hal yang terlalu dini.

Kini, sebuah ponsel misterius dari Huawei yang dipercaya merupakan Huawei Mate 9 muncul pada laman pengujian benchmark, GFX Bench, sekaligus mengungkap spesifikasi di dalamnya.

"Hasil pengujian benchmark perangkat tersebut ditemukan hari ini, jika melihat spesifikasinya kemungkinan besar ini merupakan perangkat flagship terbaru Huawei," demikian dituliskan oleh media Belanda, Telefoonabonnemont.

Kabarnya, Huawei Mate 9 bakal memiliki layar Full HD sebesar 5,9 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Mate 9 juga bakal didukung dengan prosesor Octa-core HiSilicon Hi3660 2.6 GHz. Chipset ini memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan Kirin 955 2.5 GHz.

Pada April lalu, analis Pan Jiutang mengatakan, Huawei Mate 9 bakal dimotori dengan prosesor Kirin 960 SoC yang akan mendukung CDMA dan LTE 12 speeds.

Pengujian benchmark juga mencatat, Huawei akan menggunakan Mali T-880 GPU untuk Mate 9. Bocoran sebelumnya juga mengisyaratkan Huawei akan ditambah dengan Mali T-900 GPU untuk Mate 9.

Tak hanya itu saja, phablet ini juga didukung dengan RAM seluas 4GB dengan ruang penyimpanan internal hingga 64GB.

Dari sisi fotografi, laman pengujian benchmark juga menunjukkan bahwa Huawei menyematkan kamera dengan sensor 12MP yang telah mendukung video 4K. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor 8MP yang akan menyenangkan pecinta swafoto. Rumor sebelumnya mengatakan, Huawei Mate 9 akan mengusung kamera belakang 20MP.

Terbaru, ponsel ini dikatakan memiliki dukungan sistem operasi Android 7.0 Nougat menjadikannya ponsel pertama Huawei yang menggunakan Nougat. 

Dengan pernyataan Lee, belum pasti apakah Huawei bakal dirilis 1 September mendatang. Bisa jadi, ponsel ini bakal dirilis akhir tahun.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini