Sukses

Temui Menkominfo Bahas Balon Loon, Apa Kata Google?

Google lewat Google X telah bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara untuk membahas Project Loon.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih terus berdialog dengan Google terkait rencana uji coba Project Loon yang akan mengudara di langit Indonesia. 

Bahkan perusahaan yang menjalankan proyek balon internet tersebut--Google X atau X--telah bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. 

"Baru saja kami ketemu orang (Project) Loon. Mereka kasih update kalau sudah komunikasi dengan Mabes TNI terkait keamanan (Project Loon)," ujar Rudiantara ditemui tim Tekno Liputan6.com Kamis (11/8/2016) kemarin.

Sekadar informasi, Project Loon merupakan proyek Google untuk menghadirkan akses internet di daerah-daerah terpencil. Untuk uji coba ini, Google telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan tiga operator di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat.

Lebih lanjut, kata Rudiantara, pihak X harus mengajukan sejumlah perizinan, seperti izin lalu lintas udara ke Kementerian Perhubungan sebagai syarat utama untuk bisa melintasi wilayah Indonesia.

Namun, proses perizinan sedikit tersendat karena Menteri Perhubungan baru saja diganti dari Ignasius Jonan ke Budi Karya Sumadi. 

"Sebetulnya sudah (izinnya), tapi karena pergantian menteri, mereka harus perbarui (izinnya) lagi," tambah pria berkacamata ini.

Sayangnya Rudiantara enggan mengungkap lebih lanjut terkait detail uji coba ini, misalnya saja wilayah-wilayah yang akan menjadi area mengudara bagi Telkomsel, Indosat, dan XL. 

"Ya nanti penentuan lokasi itu masing-masing operator. Yang pasti Project Loon terbang tahun ini." Tutupnya.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini