Sukses

3 Lokasi di Luar Jawa Jadi Sasaran Project Look Tahun Ini

Setelah gagal terealisasi akhir tahun lalu, pemerintah menjanjikan Project Loon siap diluncurkan tahun ini di tiga lokasi di luar Jawa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah gagal terealisasi akhir tahun lalu, pemerintah menjanjikan Project Loon siap diluncurkan tahun ini. Ada 3 lokasi di luar Jawa yang akan menjadi sasaran uji coba balon udara yang membawa BTS dan menyalurkan jaringan 4G LTE ini.

"Kami tidak hafal lokasinya, tetapi ada di operator," ujar Rudiantara, Menkominfo, di Yogyakarta, Sabtu (13/8/2016).

Dari sisi teknis, kata dia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah siap dan dari Google X sedang mengurus beberapa perizinan terutama untuk lintas udara di Kementerian Perhubungan dan keamanan ke Mabes TNI.

Dia menerangkan, prinsip kerja balon udara yang membawa BTS sama dengan BTS di darat, mengambil data dari user dan mengirimkannya ke operator. Oleh karena itu, proyek ini harus bekerjasama dengan operator untuk mengontrol traffic dan billing.

"Lokasi uji coba operator berbeda-beda, tetapi yang jelas menyasar daerah yang tidak memiliki jaringan 4G LTE supaya proyek tetap efektif," tuturnya.

Sekadar informasi, Project Loon merupakan proyek Google untuk menghadirkan akses internet di daerah-daerah terpencil. Untuk uji coba ini, Google telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan tiga operator di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat.

(Switzy Sabandar/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.