Sukses

Fitur Penghancur Pesan Otomatis Ada di BBM

Lewat fitur Timed Messages, pengguna BBM dapat mengatur durasi sebuah pesan dapat dibaca.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat film Mission Impossible, salah satu film tentang mata-mata yang meraup sukses besar? Film yang dibintangi Tom Cruise itu memiliki adegan ikonik yang hampir ada di tiap serinya, yakni pesan rahasia yang dapat hancur dengan sendirinya.

Di film tersebut, Ethan Hunt, sang tokoh utama kerap mendapatkan pesan rahasia berisi misi yang harus dilaksanakan. Pesan-pesan tersebut kemudian akan hancur dengan sendirinya.

Bagi sebagian orang, kemampuan pesan yang bisa hancur sendiri memang terlihat keren dan hanya ada di film-film. Namun, sebenarnya BlackBerry juga menghadirkan fitur serupa melalui layanan aplikasi perpesanan miliknya, BlackBerry Messenger.

Perusahaan asal Kanada itu memiliki fitur bernama Timed Messages yang disematkan pada BlackBerry Messenger. Fitur yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014 lalu ini mampu membuat pesan yang dikirim terhapus secara otomatis di perangkat penerima dan pengirim. 

Melalui Timed Messages, pengguna dapat menentukan berapa lama sebuah pesan atau gambar dapat diakses penerima pesan. Jadi, ketika waktu yang ditentukan tiba, pesan itu pun akan terhapus secara otomatis.

Dikutip dari TechTimes, Rabu (17/8/2016), pengguna juga dapat mengatur waktu sebuah pesan akan terhapus. Waktu yang dapat dipilih mulai dari 1 hingga 60 detik. Jadi, kerahasiaan sebuah pesan dipastikan dapat terjamin. 

Asyiknya lagi, fitur ini sudah bisa dipakai secara gratis. Sejak April lalu, BlackBerry telah mengumumkan tak lagi menarik biaya atas penggunaan fitur tersebut.

Sebelumnya, pengguna diharuskan berlangganan untuk bisa menikmati fitur tersebut secara terbatas. Namun kini pengguna dapat dengan mudah menikmati fitur Timed Messages. Bagaimana, tertarik menggunakan fitur Timed Messages di BlackBerry Messenger kamu?

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.