Sukses

Berapa Kecepatan Rata-Rata Internet Mobile Indonesia?

Penetrasi internet di Indonesia saat ini masih dalam fase pertumbuhan, baik internet mobile maupun broadband.

Liputan6.com, Jakarta - Penetrasi internet di Indonesia saat ini masih dalam fase pertumbuhan, baik internet mobile maupun broadband.  

Namun, di era mobile saat ini, koneksi internet seluler atau lewat ponsel sangat diandalkan pengguna. Setidaknya di kota-kota besar, pengguna sudah bisa menikmati internet mobile. 

Lalu, berapakah rata-rata kecepatan internet di Indonesia?

Laporan OpenSignal bertajuk Global State of Mobile Networks periode 1 Mei-23 Juli 2016 mencatat, kecepatan internet mobile di Tanah Air berkisar 5,37 Mbps.

Jika diurutkan, Indonesia berada di posisi ke-68, unggul tipis dari India di posisi ke-72 dengan kecepatan 5,30 Mbps.

Perlu diketahui, angka ini merupakan rata-rata berdasarkan kecepatan dan ketersediaan 3G dan 4G di Tanah Air.

Kecepatan internet mobile tertinggi masih diungguli Korea Selatan sebesar 41,34 Mbps, diikuti Singapura 31,19 Mbps, dan Hungaria 26,15 Mbps.

"Untuk negara dengan kecepatan LTE tinggi, tapi rendah cakupan. Total kecepatan rata-ratanya rendah dibandingkan negara yang kecepatan internetnya biasa saja, namun cakupan 4G tinggi," jelas laporan tersebut, Kamis (18/8/2016).

Riset mengungkap bahwa urutan terbawah rata-rata berasal dari negara berkembang di mana pembangunan infrastruktur jaringan belum sebesar negara-negara maju. Misalnya saja, Bangladesh, Etiopia, Vietnam, dan Filipina.

Sekadar informasi, OpenSignal menggunakan lebih dari 12,3 miliar data sampel dan 822.556 sampel pengguna di 95 negara di seluruh dunia.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.