Sukses

Android Nougat Siap Meluncur 22 Agustus?

Menurut informasi dari operator asal Kanada, Telus, Nexus 6P dan Nexus 5X adalah perangkat perdana yang akan mencicipi Android Nougat

Liputan6.com, California - Waktu peluncuran Android 7.0 Nougat hampir dapat dipastikan. Berdasarkan informasi terbaru dari operator seluler asal Kanada, Telus, sistem operasi Android teranyar itu akan melenggang pada 22 Agustus ini.

Dikutip dari laman Phone Arena, Minggu (21/8/2016), informasi dari Telus ini diperkirakan cukup akurat sebab turut menyertakan informasi pembaruan keamanan Android untuk beberapa perangkat sekaligus.

Huawei Nexus 6P dan LG Nexus 5X menjadi dua seri ponsel pertama yang akan mendapat pembaruan ke Android 7.0 Nougat. Namun, tak tertutup kemungkinan ada perubahan yang dilakukan mengenai jadwal peluncuran sistem operasi terbaru ini.

Informasi ini juga diperkuat oleh situs LG juga sempat menampilkan laman khusus mengenai uji coba LH G5 OS yang akan dilakukan pada 22 September 2016.

Mengingat Nexus 5X dibuat oleh perusahaan asal Korea Selatan ini, tak tertutup kemungkinan LG mendapat kode Android Open Source Project lebih dulu.

Selain LG, beberapa vendor lain seperti Sony juga disebut telah menerima kode AOSP paling baru. Dengan cara itu, vendor diharapkan dapat memiliki waktu lebih panjang untuk mempersiapkan dan menyesuaikan kebutuhan pembaruan untuk perangkatnya. 

Sayangnya, seri Nexus lain belum dapat dipastikan kapan akan memperoleh pembaruan tersebut. Namun berdasarkan informasi sebelumnya, selain Nexus 6P dan Nexus5X, Nexus 5 adalah ponsel seri lain yang akan mendapat pembaruan ke Android 7.0 Nougat.
 
Kabar mengenai kehadiran Android versi terbaru ini memang terbilang cukup cepat, hanya sekitar 5 bulan saja. Setelah versi developer meluncur pada bulan Maret 2016 lalu, versi final untuk para pengembang tersebut sudah dirilis pada bulan Juli lalu. 

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.