Sukses

Karya Fotografi Pertama di Dunia, Seperti Apa Rupanya?

Foto-foto yang diabadikan penemu fotografi asal Prancis, Joseph Nicéphore Niépce telah berumur 190 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat (19/8/2016) kemarin merupakan Hari Foto Dunia atau World Photo Day, di mana setiap orang merayakan momen terbaik yang pernah diabadikan dalam sebuah foto. 

Anda mungkin penasaran seperti apa rupa foto pertama yang pernah ada di dunia. Business Insider melansir beberapa foto yang diambil 190 tahun silam oleh penemu fotografi, Joseph Nicéphore Niépce. 

Foto di bawah ini menampilkan sebuah objek pemandangan yang diambil Niépce dari jendela di Saint-Loup-de-Varennes, Prancis, yang diambil pada 1826-1827. 

Jika dilihat seksama, tak banyak objek yang dapat Anda lihat secara jelas selain sebuah pemandangan dari suatu tempat di Prancis. 

Namun, seperti dikutip Business Insider, Sabtu (20/8/2016), tahukah Anda bahwa proses pembuatan foto ini sangat rumit. 

Niépce menggunakan sebuah bahan yang peka cahaya sehingga cahayanya dapat 'menjadikannya' sebuah gambar. Setelah melalui banyak percobaan, akhirnya ia menemukan formula yang tepat untuk menghasilkan sebuah foto permanen.

Foto ini dinamai "View from the Window at Le Gras" atau "Pemandangan yang diambil dari  jendela di Le Gras".
Berdasarkan informasi dari University of Texas, Amerika Serikat, ia menggunakan bahan kimia sejenis aspal (bitumen of Judea) dan menuangkannya ke seluruh pewter plate (piringan yang terbuat dari timah)

Niépce pun melakukan penyinaran pada foto tersebut di kamera Obscura selama 8 jam.


Saat penyinaran tersebut, cahaya membuat bagian yang terkena bitumen mengeras. Hal itu justru membantunya menghasilkan sebuah foto dasar. 

Ia memproses foto itu lebih lanjut dengan membasuh bagian bitumen yang tidak mengeras dengan air lavender. Hasilnya adalah objek atap rumah dengan pemandangan pohon dari jendela ruang kerjanya.

Inilah asal muasal karya fotografi pertama di dunia yang diciptakan Niépce. Ia pun menyebut karyanya ini sebagai heliografi. 

(Cas/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini