Sukses

XL Bangun Ratusan Kilometer Fiber Optik di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL) membangun ratusan kilometer jaringan Fiber Optic (FO) di Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta PT XL Axiata Tbk (XL) membangun ratusan kilometer jaringan fiber optik (FO) di Kalimantan. Lebih dari 1.000 kilometer di antaranya bahkan telah selesai dan sebagian sudah mulai beroperasi.

Pembangunan FO di wilayah Kalimantan ini merupakan wujud komitmen XL untuk memenuhi kewajiban pembangunan telekomunikasi di wilayah Indonesia. Selain itu, hal ini merupakan dukungan XL dalam percepatan program Rencana Pita Lebar Nasional (Indonesia Broadband Plan).

"Kalimantan merupakan wilayah yang secara bisnis memang menjanjikan untuk pengembangan wilayah layanan kami. Saat ini, di seluruh Kalimantan, kami memiliki lebih dari 1,3 juta pelanggan, dengan tingkat pertumbuhan cukup menggembirakan. Selain itu, tentu saja kami ingin bisa lebih melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah, termasuk Kalimantan, untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pembangunan," kata Direktur/Chief Service Management OfficerXL, Yessie D. Yosetya, dalam pernyataannya, Senin (22/8/2016).

Menurut Yessie, proyek FO yang baru dibangun di wilayah Kalimantan antara lain Banjarmasin-Balikpapan sepanjang sekitar 700 km. Jaringan FO tersebut antara lain untuk mendukung jaringan LTE, jaringan transmisi backbone, backhaul, dan access.

Sebagian besar proyek pembangunan FO tersebut dilakukan sendiri, sedangkan sebagian lainnya merupakan kerja sama pembangunan dengan pihak lain dalam skema kemitraan.

Jaringan FO merupakan media transmisi yang mampu membawa trafik data berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi. Teknologi FO juga memungkinkan upgrade kapasitas sesuai dengan perkembangan, tanpa ada gangguan interferensi radio microwave.

Jaringan FO XL di Kalimantan ada di Takesung, Banjarmasin, Balikpapan, Sangatta, Pontianak, Singkawang, Samarinda, Sampit, Pangkalan Bun, serta Bontang. Total panjang FO milik XL di Kalimantan lebih dari 1.600 km yang mencakup jaringan backbone, backhaul, dan access.

Dari sisi kendala, pembangunan FO di Kalimantan terutama berupa lahan yang  sebagian besar berupa gambut, sehingga kabel FO rawan terbakar apabila terjadi kebakaran lahan. Meski demikian, XL akan terus membangun infrastruktur di daerah tersebut guna memperluas cakupan layanan di Kalimantan.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini