Sukses

Startup World Cup: Pertaruhan Startup Lokal Menuju Silicon Valley

Liputan6.com, Jakarta - Pemodal ventura asal Silicon Valley Amerika Serikat Fenox Venture Capital menyelenggaraan ajang Startup World Cup 2017.

Ajang ini merupakan konferensi global dan kompetisi yang diselenggarakan di Indonesia, India, Republik Rakyat China, Jepang, Taiwan, Israel, Australia, Inggris, Republik Ceko, Luxembourg, Afrika Selatan, Amerika Selatan (Chili), dan Amerika Utara (US West Coast, Midwest, dan East Coast).

Nantinya, pemenang regional akan berkompetisi pada babak akhir yang akan diselenggarakan di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 24 Maret 2017.

Menurut General Partner & CEO Fenox Venture Company sekaligus Ketua Startup World Cup 2017 Anis Uzzaman, pemenang ajang ini berkesempatan memenangkan hadiah berupa investasi senilai US$ 1 juta atau setara dengan Rp 14 miliar dan berbagai hadiah lainnya.

Indonesia sendiri merupakan negara pertama tempat ajang ini diselenggarakan. Dalam menggelar Startup World Cup Indonesia, Fenox Venture Capital bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF). Acara puncaknya diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Sebelumnya, pendaftaran dari Startup World Cup 2017 telah dilakukan sejak 21 Juni 2016, melalui situs web resmi Startup World Cup 2017: startupworldcup.io. Di Startup World Cup Indonesia, sebanyak 800 startup di Asia Tenggara telah mendaftarkan diri untuk bertarung.

Setelah dilakukan penjurian, sepuluh tim terpilih mempresentasikan ide-ide mereka di hadapan juri-juri ahli, calon investor, dan para penonton yang terdiri dari pengusaha dan representatif dari perusahaan-perusahaan besar untuk menentukan pemenang regional dari Indonesia.

Para juri yang turut andil dalam acara ini antara lain: Kepala Bekraf Triawan Munaf, Managing Partner 500 Startup Khailee Ng, CFO dan Co-Founder GO-JEK Kevin Aluwi, Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo, dan Associate dari Global Founders Capital Leon Hermann.

"Pemenang regional yang akan diumumkan hari ini berhak atas perjalanan gratis ke Silicon Valley, Amerika Serikat, di mana babak akhir dari Startup world Cup 2017 akan diselenggarakan," kata Uzzaman.

Selanjutnya, pemenang dari babak penyisihan di Indonesia akan merepresentasikan startup dan negaranya di konferensi Startup World Cup 2017, yang akan berlangsung selama seminggu. Para pemenang ini bakal mendapatkan pengalaman berpartisipasi dalam kegiatan bootcamp, perang startup, konferensi internasional, dan forum investor.

Menurut Uzzaman, hadiah paling hebat dari ajang ini bukan hanya sekadar investasi Rp 14 miliar dari Fenox VC, melainkan kesempatan untuk membangun dan memperluas koneksi global dengan para investor potensial di dunia.

“Ini merupakan awal yang baik bagi Startup World Cup 2017 dengan melihat antusiasme yang sangat besar dari peserta Indonesia. Fenox VC dan BEKRAF bangga dengan bakat dan ide-ide yang dimiliki oleh negara ini," tutup Uzzaman.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini