Sukses

5 Cara Mendinginkan Smartphone yang Kepanasan

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit smartphone Android mengalami 'penyakit' overheat atau kepanasan. Pasti sebagian dari pengguna sering merasakan ini.

Ya, overheat adalah kondisi di mana suhu smartphone secara drastis menjadi panas dan bahkan mengganggu aktivitas saat menggunakannya.

Sebetulnya, banyak penyebab smartphone bisa memanas seketika. Penyebab utamanya adalah penggunaan aplikasi secara multitasking, atau juga pengisian daya dengan kabel yang tidak sesuai dengan perangkat.

Kali ini kami tak akan membahas penyebab mengapa smartphone-mu jadi panas. Let's get the solution to be done.

Intinya, Tekno Liputan6.com akan memberikan cara yang kamu harus lakukan saat smartphone jadi panas. Yuk, simak apa saja langkah yang harus kamu dilakukan.

1. Hindari Tempat Panas



Smartphone-mu sudah memanas, jangan gunakan di tempat yang panas juga. Contoh, jangan pakai smartphone di dalam mobil yang terkena sinar matahari. Pasti kondisi mobil sangat panas dan otomatis membuat smartphone-mu panas juga.

2. Istirahatkan Smartphone



Sudah terlanjur panas sampai-sampai nggak bisa dipegang? Let it rest. Yang kamu harus lakukan adalah mematikan smartphone (jika memiliki baterai, lepas baterainya) dan membiarkannya 'istirahat' hingga 30 menit.

Namun pastikan ketika kamu meletakkan smartphone, jangan di tempat yang panas juga. Kalau bisa letakkan di dalam ruangan ber-AC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Simpan Smartphone di Dalam Saku

3. Jangan Simpan Smartphone di Dalam...

Jangan pernah simpan smartphone-mu di saku celana atau tas ketika sedang dalam suhu paling panas. Sudah pernah baca berita-berita Tekno Liputan6.com soal kasus di mana ponsel terbakar di saku celana gara-gara smartphone, kan?

Nah, untuk itu, antisipasi hal tersebut dengan 'mengistirahatkannya' seperti pada poin nomor dua di atas.

4. Jangan Gunakan Aplikasi

Ketika smartphone sedang 'demam', jangan menggunakan aplikasi apa pun. Diamkan dulu seperti pada poin nomor 2. Kamu pun bisa men-delete beberapa aplikasi yang menurut kamu tidak perlu dan memadati memori penyimpanan smartphone.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin



Poin ini sebetulnya tidak terlalu kami sarankan, karena semua cara manual di atas yang dapat menolong smartphone kamu 'sembuh'. Namun, tidak ada salahnya mencoba kan?

Ada beberapa aplikasi pendingin yang bisa kamu manfaatkan untuk mendinginkan smartphone-mu. Rekomendasi kami adalah Ease US Coolphone, Master Doctor Droid Cooler, Cooler Master, dan Coolify.

Give it a try, goodluck!

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini