Sukses

Minat NGO Bandung Belajar Serba-serbi Internet Membludak

Liputan6.com, Bandung - Minat non-govermental organization (NGO) atau organisasi nonpemerintah (ORNOP) mempelajari serba-serba internet--khususnya penggalangan dana di internet--sangat tinggi.

Hal itu terlihat dalam kegiatan Let's Get Social #39, yang dihelat di Bandung Digital Valley (BDV), atas kerja sama antara lain TechSoup Asia, Kitabisa.com, PT Telkom, dan IDCloudHost, pada Kamis (25/8/2016).

Iqbal Hariadi, Perwakilan TechSoup Asia mengatakan, acara Let's Get Social sudah berlangsung sejak 2015. Setelah Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta, kali ini acara tersebut menyapa NGO nirlaba di Bandung.

"Peminatnya sangat tinggi. Pendaftaran yang membludak membuat acara di Bandung dilaksanakan dalam dua sesi. Total (peserta, red.) yang hadir mencapai 140 NGO lebih (yang berasal, red.) dari Bandung dan sekitarnya," kata Iqbal kepada Tekno Liputan6.com di Bandung, Kamis (25/8/2016).

Dari dua topik yang dibahas, topik terkait bagaimana penggalangan dana online bekerja di Indonesia paling menarik perhatian peserta. Terlebih, pengisi topik ini adalah Fahri Amirullah selaku Digital Fundraising Expert dari Kitabisa.com, platform untuk melakukan fundraising. Peserta diberi tips dan trick pendanaan dari awal hingga terdanai melalui Kitabisa.com. Melalui Kitabisa.com, banyak proyek sosial berhasil didanai. 

Iqbal mengatakan, topik lainnya adalah bagaimana TechSoup Asia memberikan berbagai produk sebagai pendukung aktifitas NGO dalam memanfaatkan teknologi. Mulai dari Microsoft Office 365, Google for Non Profit, Adobe, Symantec, hingga Domain dan Hosting.

Adapun IDCloudHost menjadi satu-satunya mitra resmi yang berasal dari Indonesia, yang memberikan layanan domain, hosting, dan instalasi laman serta bantuan aktivasi Google for Non Profit untuk NGO yang sudah diverifikasi TechSoup Asia.

"Layanan tersebut bisa didapatkan NGO secara gratis, selain itu juga ada banyak penawaran diskon menarik dari partners TechSoup Asia," kata Muhammad Mufid Luthfi, CMO IDCloudHost.

TechSoup Asia sendiri merupakan salah satu NGO yang berfokus membantu sesama NGO guna memanfaatkan benefit teknologi informasi secara baik dan seimbang. Dengan acara tersebut, IDCloudHost dan TechSoup Asia berharap akan banyak NGO sukses memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu media yang dapat memperbesar manfaat positif kepada masyarakat luas.

"Hal ini menjadi bukti bahwa pemanfaatan teknologi bisa menjadi alasan untuk bisa menciptakan banyak orang baik yang punya kontribusi untuk perubahan lebih baik," pungkas Mufid.

(Msu/Why)