Sukses

Tren Penggunaan Inkjet Printer Menurun

Menurunnya jumlah penggunaan inkjet printer untuk kalangan konsumen tak lepas dari perkembangan teknologi saat ini.

Liputan6.com, Bali - Dalam acara peluncuran tiga printer anyar Epson di Bali, Kamis (28/8/2016), diketahui adanya penurunan pengguna inkjet printer di kalangan konsumen. Informasi itu didasarkan pada data dari IDC tahun 2007 hingga 2014.

Di sisi lain, penggunaan inkjet printer untuk kebutuhan korporasi kian bertambah. Berdasarkan laporan tersebut, penggunaan printer untuk kebutuhan korporasi meningkat, dari sebelumnya 37,9 persen di 2007 menjadi 51,3 persen di 2014.

Menurunnya jumlah penggunaan inkjet printer untuk kalangan konsumen tak lepas dari perkembangan teknologi saat ini. Kehadiran layanan penyimpanan awan atau perangkat pintar membuat orang semakin jarang mencetak kebutuhannya.

Pun demikian, bukan berarti penggunaan printer di kalangan rumahan akan benar-benar habis. Menurut Senior Manager and Product Marketing Epson Indonesia Riswin Li, penggunaan printer untuk konsumen masih memiliki tempat.

"Meskipun trennya menurun, penggunaan printer rumahan masih akan memiki tempat," ujarnya.

Nantinya, pengguna yang masih akan memakai inkjet printer rumahan adalah keluarga dengan anak yang masih bersekolah, sebab printer kerap dibutuhkan untuk mencetak tugas-tugas sekolah.

Faktor lain yang juga membuat penggunaan printer untuk korporasi meningkat adalah kondisi perekonomian yang masih bergairah. Akibatnya, banyak perusahaan kecil dan menengah mulai melebarkan sayap.

Tren tersebut juga sudah diantisipasi Epson. Oleh karenanya, perusahaan asal Jepang itu tak menampik bahwa saat ini tengah fokus menggarap pasar printer untuk kebutuhan korporasi atau bisnis.

"Perekonomian yang terus berkembang membuat penggunaan inkjet printer terus bertumbuh dan membuat bisnis kian agresif," ujar Ng Nge Khiang, Senior Director General Manager Sales and Marketing Epson di kesempatan yang sama.

Untuk itu, Epson mengantisipasi tren itu dengan terus meluncurkan produk anyar. Salah satunya adalah tiga inkjet printer yang baru diperkenalkan sebagai perangkat untuk korporasi atau bisnis.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.