Sukses

Cara Main Gim Jadul PlayStation 1 di Android

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone saat ini hadir dengan spesifikasi menakjubkan. Karena itu, wajar bila gim dengan grafis tingkat tinggi pun mampu dimainkan di smartphone.

Meski begitu, tidak berarti kita harus meninggalkan hal-hal klasik sebelum kehadiran smartphone, bukan?

Sebagian dari kita pasti pernah menjadi bagian dari masa-masa keemasan PlayStation 1. Beberapa judul gim populer di PlayStation 1 adalah Gran Turismo, Tekken, Final Fantasy, dan Crash Team Racing.

Buat kamu yang mau bernostalgia, berikut ini Tekno Liputan6.com sajikan artikel cara memainkan gim jadul PlayStation 1 di Android dengan menggunakan emulator.

ePSXe for Android
ePSXe for Android adalah aplikasi emulator Playstation (PSX dan PS1). Aplikasi ini merupakan bagian dari ePSXe for PC yang populer pada masanya.

Menurut keterangan resminya, ePSXe for Android menawarkan kompatibilitas sangat tinggi yakni lebih dari 99 persen, kecepatan yang baik, dan suara yang akurat.

Tekken 3 di ePSXe for Android. Kredit: ePSXe for Android via YouTube
Selain mendukung tombol layar sentuh, ePSXe for Android terkini juga diklaim mendukung bluetooth gamepad atau USB gamepad (seperti WiiMote, Sixaxis, Xbox 360, Moga, Ipega), dan Analog Stick.
1 dari 2 halaman

Cara menyetel ePSXe for Android

Cara menyetel ePSXe for Android 
Setelah aplikasi ePSXe for Android terpasang, kamu harus menyetelnya terlebih dahulu. Caranya simpel sekali. Pertama, kamu perlu mengunduh dan memasang PSX BIOS. Kamu tak perlu repot-repot untuk hal ini karena di Google Play tersedia aplikasi Every BIOS.

Bila BIOS sudah terpasang, buka ePSXe for Android dan kemudian aplikasi ini akan melakukan pemindaian (scanning) untuk menemukan path di mana BIOS disimpan.

Selanjutnya ePSXe for Android akan otomatis mengonfigurasi path pada preferensi. Jika BIOS tidak ditemukan oleh ePSXe for Android, periksa Preferences > BIOS, lalu pilih path yang tepat. 

Setelah proses konfigurasi selesai, kamu sudah bisa memainkan gim jadul PlayStation 1 di aplikasi ePSXe for Android. Namun untuk diperhatikan, ePSXe for Android tidak menyediakan file gim yang bisa kamu mainkan. Selamat mencoba!

(Why/Ysl)