Sukses

Daftar Konsol Gim Jadul Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap gamer pasti tahu bahwa konsol video gim itu tidak murah. Namun nyatanya, beberapa konsol terbaru lebih terjangkau ketimbang konsol jadul.

Huffington Post mengkompilasikan konsol gim baru dan lama dari data yang menampilkan harga konsol video gim, yang mana telah disesuaikan dengan inflasi.


Konsol gim jadul termahal adalah Neo Geo, yang diluncurkan pada tahun 1990 dengan harga US$ 1.179 atau sekitar Rp 15,5 juta.

Menariknya, meskipun diluncurkan pada 1990, setidaknya Neo Geo masih mendukung sejumlah judul gim hingga akhir tahun 2004. Gim terakhirnya adalah Samurai Shodown V Special.

Di urutan kedua ditempati 3DO buatan tahun 1993 dengan banderol US$ 1.149 atau Rp 15,1 jutaan. Kemudian di posisi ketiga bertengger konsol Intellevison keluaran 1979 seharga US$ 980 atau Rp 12,9 jutaan.  

Grafik di atas juga mengungkapkan bahwa sistem Nintendo memiliki nilai yang cukup baik, namun Nintendo berada di bawah daftar. Misalnya Nintendo NES keluaran 1986 yang harganya US$ 441 atau sekitar Rp 5,8 juta. 

Mungkin karena perusahaan terlalu fokus pada gim seperti "Mario Kart" dan "Super Smash Brothers."

Dengan kata lain, Nintendo meraup keuntungan dari gim dan perangkat pendukung buatan sendiri. Akan tetapi, banyak gamer yang mengeluh soal sistem Nintendo yang tampak sedikit usang pada saat dirilis.
Neo Geo (huffingtonpost.com)
Misalnya dalam hal spesifikasi, Nintendo Wii U tertinggal di belakang PlayStation 3 dan Xbox 360. Wii U secara teknis kurang mengesankan bila dibandingkan dengan PlayStation 4 dan Xbox One.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.