Sukses

Bukan iPhone 7, Tombol Home Bakal Lenyap di Seri Berikutnya

Apa memang benar iPhone 7 jadi seri terakhir yang menggunakan tombol home?

Liputan6.com,Cupertino - Sebelumnya, beredar kabar bahwa iPhone 7 bakal memiliki sejumlah perombakan desain. Selain kehilangan lubang audio headphone jack 3.5mm, tombol home yang begitu ikonik pun kabarnya akan lenyap.

Rupanya, kabar tersebut tidak benar. Gene Munster, seorang analis gadget dari Pipper Jaffray meyakini bahwa perubahan besar tersebut akan terjadi pada seri iPhone yang dirilis pada 2017 mendatang.

Dilansir The Independent, Senin (29/8/2016), iPhone yang bakal dirilis Apple pada tahun depan disinyalir akan memiliki perombakan yang jauh lebih drastis ketimbang iPhone 7.

Selain tidak akan menggunakan tombol home lagi, iPhone tersebut konon juga akan memiliki material kaca, seperti halnya dengan yang Apple lakukan pada seri iPhone 4/4s.

"Tombol home akan hilang. Nanti seluruh layar iPhone akan berfungsi sebagai layar sentuh. Bisa saja, tombol home akan terintegrasi dengan user interface seperti navigational button yang ada di OS Android," kata Munster.

Diketahui, 2017 menjadi tahun kesepuluh sejak Apple meluncurkan iPhone. Bisa jadi, seri iPhone tahun depan dipastikan bakal memiliki sejumlah perombakan masif, termasuk pada segi desain.

Padahal, tahun ini merupakan tahun di mana iPhone 7 rencananya akan dirilis. Maka masuk akal jika tahun depan Apple bakal merilis iPhone 7s, yang notabene seri 's' harusnya tidak memiliki perubahan desain, melainkan upgrade pada segi spesifikasi, fitur dan performa.

Apple sendiri dilaporkan bakal mengganti nama 's' setelah iPhone 7. Sebab, mereka tak mungkin terus menamai iPhone anyarnya di setiap tahun dengan urutan angka.

Diketahui, mereka memiliki sistem "tick-tock" ketika memberikan nama iPhone setiap tahunnya. 'Tick' adalah periode tahun di mana iPhone dengan desain, spesifikasi, dan fitur baru diperkenalkan. Sebut saja iPhone 4, 5, 6 dan 7.

Bisa dilihat, desain dari keempat generasi smartphone tersebut benar-benar berbeda. Fitur dan spesifikasinya pun terus meningkat seiring seri terbaru hadir.

Sementara, 'Tock' adalah periode di mana iPhone versi rombakan dari 4, 5, 6, serta 7 hadir di tahun berikutnya, seperti 4s, 5s, dan 6s. Hanya secuil peningkatan yang hadir dalam segi spesifikasi dan fitur. Desainnya pun tidak berubah sama sekali.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini