Sukses

Iklan Jasa Cari Pokemon Laris Manis di OLX

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, Pokemon Go ternyata juga bisa "dijual" di internet, khususnya di platform iklan online OLX. Gim mobile tersebut bukan dijual dalam bentuk file atau fisik, melainkan dalam bentuk jasa.

Banyak pemain Pokemon Go menawarkan jasa di OLX untuk mencari Pokemon, khususnya bagi mereka yang sibuk dan kesulitan mencari Pokemon di wilayahnya.

Diungkapkan CMO OLX Indonesia, Edward Kilian, terdapat sekitar 4.300 iklan jasa pencarian Pokemon yang ada di kategori Jasa di OLX Indonesia. Dari iklan tersebut, 1.300 di antaranya laris "terjual".

"Ini sangat unik dan jadi tren baru di OLX. Ketika kami lihat di kategori Jasa, ada yang jual Pokemon Go. Kami pikir ini jualan aksesori semacam kaos atau lainnya. Ternyata mereka benar-benar jual jasa bantuin nyari Pokemon," ujar pria yang kerap disapa Kiki ini kepada Tekno Liputan6.com, usai Media Briefing OLX #BekasJadiApapun yang dihelat di Bonobo Restaurant, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Jasa tersebut, kata Kiki, memberi penawaran tumpangan kendaraan seperti motor atau mobil. "Biasanya, mereka menawarkan jasa ngojek atau nyetir mobil dengan tarif Rp 50 ribu per jam untuk nyari Pokemon. Yang menarik, ada yang pake mobil, jadi tidak dibatasi satu orang, ongkosnya tentu mendulang uang banyak. Ini nggak hanya terjadi di Jakarta lho, tapi juga daerah-daerah lain seperti di Surabaya dan Makassar,” tutur Kiki menjelaskan.

Selain jasa cari Pokemon, kategori terpopuler lain di OLX saat ini adalah gadget, otomotif, dan keperluan pribadi.

"Salah satu kategori terbesar di otomotif itu adalah motor dan mobil. Buktinya pada bulan Ramadan lalu 270.000 motor laku terjual. Uniknya lagi, yang laku justru di harga Rp 11 jutaan yang notabene usianya masih baru sekitar 1 tahun. Untuk mobil, 260.000 laku terjual, mengalami kenaikan 10 persen," kata Kiki.

Adapun di kategori gadget sekitar 490.000 unit gadget laku terjual. Merek terpopuler paling banyak dicari adalah Samsung, iPhone, BlackBerry, Xiaomi, Asus, dan Sony.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini