Sukses

Tips Membeli Konsol Gim Jadul dengan Kondisi Prima

Ingin beli konsol gim jadul seperti Nintendo atau PS1? Yuk coba intip tips singkatnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah gempuran konsol next generation supercanggih seperti PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, ada saja kalangan gamer yang masih betah memainkan gim-gim jadul.

Biasanya, kalangan gamer ini adalah kolektor yang tumbuh di era 1990-an, yang merindukan gim-gim keluaran Nintendo, Sega, hingga PlayStation 1.

Kalau kamu termasuk salah satunya, dan rindu bermain gim-gim jadul, tetapi tidak punya mesin konsolnya, jangan khawatir. Sekarang, banyak konsol-konsol gim jadul dijual bebas di toko online maupun fisik.

Oleh karena itu Tekno Liputan6.com akan tawarkan tips buat kamu untuk membeli konsol gim jadul dengan kondisi baik, sehingga pengalaman bermain gim tak terhambat oleh masalah usia konsol.

1. Ketahui Jenis Konsol yang Akan Dibeli

Sebelum kamu memilih gim yang akan dimainkan, kamu harus mengetahui gim tersebut bisa dimainkan di konsol jadul apa. Berikut daftar konsol gim jadul mainstream yang rilis pada era 1980 hingga 1990-an sebagai referensi kamu saat membeli.



Atari: CX2600; CX2600A, 2600 Jr; 5200; 7800; Jaguar
Nintendo: NES, SNES , Virtual Boy; 64; GameCube
Sega: Mega Drive (Genesis); Mega CD; Mega Drive II (Genesis 2); Mega CD II; 32X, Saturn; Dreamcast
Sony: PS1 dan PS2

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lihat Kondisi Fisik

2. Lihat Kondisi Fisik

Setelah memilih konsol apa yang akan dibeli, kini saatnya kamu melihat kondisi fisik konsol tersebut. Kamu bisa menanyakan kepada penjual dengan memintanya untuk mengirimkan foto atau bertemu melihat kondisi fisik konsol.



Biasanya, konsol gim jadul menggunakan media soket cartridge atau CD (khusus untuk PlayStation), lihat bagian optiknya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa mencoba memainkan gim di konsol yang hendak dipilih, serta menjajal kontroler dan komponen lainnya demi memastikan benar-benar berfungsi.


Nah, selain itu jangan lupa tanya kepada penjual soal kompatibilitas konsol tersebut, apakah jenis NTSC atau PAL, karena gim-gim jadul harus dimainkan sesuai kompatibilitas konsolnya.

3 dari 3 halaman

Cek Kelengkapan

3. Cek Kelengkapan


Biasanya, konsol gim jadul memiliki segudang aksesori. Selain kontroler, ada pula memory card, kontroler pistol, dan kabel-kabel yang harus kamu pasang ke TV dan stop kontak. Selamat mencoba!

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.