Sukses

Tak Semua Smartphone Flagship Bisa Cicipi Manisnya Android Nougat

Kabar buruk, smartphone Android yang disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 800 dan 801 dipastikan tak akan menerima pembaruan OS Nougat.

Liputan6.com, Mountain View - Meski sistem operasi Android terbaru--Nougat (7.0)--sudah dirilis, rupanya tidak semua smartphone flagship bisa mencicipi pembaruan OS tersebut. Bahkan, smartphone Android yang tidak kebagian OS Nougat ini ditengarai memiliki spesifikasi yang cukup tinggi.

Dilansir NDTV, Selasa (30/8/2016), smartphone Android yang bakal absen dari Nougat tersebut merupakan smartphone yang disokong oleh prosesor buatan Qualcomm.

Menurut pengembang ROM, LlabTooFer, perusahaan pembesut chip mobile ini diprediksi tidak akan merillis update untuk driver grafis pada kedua prosesornya, yakni Snapdragon 800 dan 801.

Kenyataannya, update ini seharusnya diperlukan karena termasuk ke dalam satu syarat wajib agar Nougat bisa di-instal di smartphone. Dengan kata lain, jajaran smartphone tersebut hanya bisa menerima nasib di mana Marshmallow menjadi OS terakhirnya.

Diungkap, smartphone yang ditenagai kedua prosesor ini termasuk Nexus 5, LG G3, Xperia Z3, HTC One M8 dan Moto X generasi kedua. Tak hanya itu, Galaxy S5 dan Galaxy Note 3 pun tidak akan kebagian update Nougat.

Hingga kini, Qualcomm masih belum juga menanggapi isu tersebut. Namun jika benar mereka tidak menghadirkan update grafis pada kedua prosesornya ini, dipastikan para pengguna smartphone dengan Snapdragon 800 dan 801 akan berpindah ke smartphone dengan prosesor setingkat di atasnya yang dapat menerima pembaruan OS Nougat.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.