Sukses

Asyiknya Telepon Tanpa Pulsa Pakai BBM Voice

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas menelepon tanpa biaya pulsa kian diganderungi pengguna. Terlebih, aplikasi chatting kini hadir dengan kemampuan menelepon, seperti yang ada di BlackBerry Messenger (BBM).

Fitur panggilan yang diberi nama BBM Voice ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan suara gratis ke kontak BBM-nya. Dengan basis teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol), pengguna bisa melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet.

Panggilan melalui jaringan internet ini dipastikan lebih hemat, terutama saat melakukan panggilan interlokal atau jarak jauh. Sebab, tarif yang diberlakukan lebih murah, bahkan bisa dibilang gratis (dalam artian hanya memakai data internet).

Untuk memanfaatkan fitur BBM Voice pun terbilang mudah. Namun, sebelumnya pastikan dulu BBM yang dipasang di perangkat merupakan versi terbaru.

Saat ingin memulai melakukan panggilan suara, buka aplikasi BBM, lalu pilih 'Contact'. Selanjutnya klik ikon telepon seperti gambar di bawah ini.

Cara menggunakan fitur BBM Voice di Android dan iOS (istimewa)
Perlu diingat, agar fitur ini dapat berjalan lancar diperlukan jaringan internet yang cukup stabil dan cepat. Karenanya, pastikan juga sambungan internet yang terhubung berada dalam kondisi baik.

Selain panggilan suara, pengguna BBM juga dimungkinkan melakukan panggilan video. Lewat pembaruan beberapa waktu lalu, pengguna BBM saat ini sudah bisa menikmati video call antar platform.

Pada pembaruan tersebut, BlackBerry juga menambah beberapa kemampuan anyar di aplikasi besutannya itu, seperti anggota grup obrolan yang diperbanyak dan menu Discovery yang lebih beragam.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.