Sukses

Smartphone Google Tak Pakai Nama 'Nexus' Lagi?

Ada yang mengatakan, seri Nexus akan digantikan dengan merek Pixel seperti pada nama tablet dan laptop-nya. Apakah benar?

Liputan6.com, Mountain View - Secara mengejutkan, Google dikabarkan bakal tak lagi menggunakan merek "Nexus" pada smartphone besutannya. Ini artinya, handset terbaru Google yang kelak dirilis dalam waktu dekat dipastikan tak akan menggunakan embel-embel Nexus lagi.

Dengan begitu, seri Huawei Nexus 6P dan LG Nexus 5X yang diluncurkan pada tahun lalu telah menjadi seri smartphone terakhir yang digarap Google dengan nama Nexus.

Google sendiri memang belum bisa memberikan klarifikasi pasti soal kabar tersebut. Namun, sebagaimana dilaporkan laman Android Central, Kamis (1/9/2016), kedua seri smartphone anyar Google yaitu Marlin dan Sailfish, dipastikan tak akan menggunakan merek Nexus.

Hal tersebut tampak dari kover belakang smartphone ini. Kamu bisa lihat tidak ada logo Nexus sama sekali. Bahkan, merek HTC selaku pembesut kedua seri ini pun tidak tertera pada bagian kover smartphone itu.

Sebelumnya, CEO Google Sundar Pichai telah memberikan 'isyarat' bahwa Google akan berencana untuk merombak seri Nexus lebih baik lagi.

Pernyataannya itu sejalan dengan rumor yang mengungkap bahwa seri Marlin dan Sailfish akan hadir berbeda dengan seri Nexus sebelumnya.



Beberapa perubahan yang hadir pada kedua seri itu, di antaranya adalah perubahan desain tampilan antarmuka yang mana tidak lagi menggunakan UI (user interface) Android stock (UI bawaan). Bisa jadi, Google akan memperkaya UI Android bawaannya ini lebih optimal dan interaktif seperti UI Android buatan Samsung dan LG.

Sayangnya, tidak bisa ditebak apa nama baru pengganti Nexus yang akan digunakan Google pada perangkat terbarunya ini.

Ada yang menyebutkan, Google justru bakal menggunakan Pixel sebagai merek terbaru perangkatnya, sebagaimana dengan yang telah mereka lakukan dengan merek tablet dan komputernya, yaitu Pixel C dan Chromebook Pixel. Jika benar demikian, apakah pamor merek ini bisa bertahan lama seperti Nexus? We'll see...

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • nexus