Sukses

HacBook Elite, Laptop 'Kembaran' MacBook Rp 4 Jutaan

Menariknya, komponen dalam laptop ini bisa 'diutak-atik' layaknya laptop dengan OS Windows pada umumnya.

Liputan6.com, California - Jika kamu terhambat kendala tidak bisa membeli MacBook Pro karena terbentur masalah biaya, jangan khawatir. Pasalnya, ada sebuah laptop yang disebut-sebut dengan nama 'MacBook KW' dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni US$ 329 saja, atau setara dengan Rp 4,3 juta.

Meski 'KW', laptop ini diklaim memiliki OS serupa dengan OS laptop buatan Apple yang asli. Hanya saja, bodinya tidak memiliki desain ala MacBook Pro.

Tampil dengan layar 14 inci, laptop yang memiliki nama "HacBook Elite" ini menggunakan kerangka HP Notebook sebagai casing luarnya, begitu pun dengan keyboard, trackpad dan komponen lainnya.

Dilansir Slashgear pada Kamis (1/9/2016), perusahaan penggarap laptop tersebut mengatakan bahwa HacBook Elite memiliki spesifikasi 'serupa tapi tak sama' dengan MacBook Pro.

Selain bisa dinyalakan (booting) dalam waktu 15 detik, komponen laptop ini bisa diutak-atik seperti halnya dengan laptop OS Windows lainnya. Untuk spesifikasi, HacBook Elite disokong dengan prosesor Intel i5 Sandy Bridge dengan RAM 8GB.

Sementara, laptop tersebut memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1TB via HDD/SSD serta memiliki koneksi Wi-Fi.


Menariknya, mereka menjelaskan bahwa OS X yang ada di HacBook Elite murni merupakan OS X asli Apple pada MacBook-nya, lengkap dengan aplikasi bawaan seperti iTunes, iMessage dan AppStore. Namun, jika pengguna bosan dengan OS X, mereka bisa melakukan dualboot dengan OS Windows.

Perbedaan HacBook Elite dengan MacBook Pro hanya terletak di layarnya saja. Jika MacBook Pro memiliki layar Retina, HacBook Elite justru hanya memiliki layar 14 inci dengan resolusi HD 1600x900 piksel.

Apple sendiri belum memberikan konfirmasi resmi terkait apakah mereka sudah memberikan izin kepada perusahaan penggarap HacBook Elite atau belum.

Yang pasti, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu tentu tidak akan memberikan toleransi kepada siapa pun yang ketahuan membuat laptop dengan OS X tanpa meminta izin terlebih dahulu.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.