Sukses

Akses TIK di Media Center PON XIX Jabar Sudah Siap

Akses teknologi informasi komunikasi (TIK) 17 media center di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat sudah siap digunakan.

Liputan6.com, Bandung - Akses teknologi informasi komunikasi (TIK) di 17 media center yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 17-29 September 2016 sudah siap di semua aspek.

Manager Humas PT Telkom Regional Jabar Asep Tatang mengatakan hal tersebut ketika bersama rombongan PT Telkom meninjau media center utama di Trans Hotel, Kota Bandung, baru-baru ini.

Menurut dia, kesiapan terlihat dari kesediaan infrastruktur dan perangkat. Secara perangkat utama, akan dipasang 404 hardware di 37 buah media center, 195 di bidang akomodasi, keamanan 95, bandara 3, dan venue pertandingan 74.

Dari angka itu, sebarannya mencakup Bandung Raya 274 unit, Bekasi (19), Bogor (18), Cirebon (31), Karawang (22), Sukabumi (12), dan Tasikmalaya (28).

“Kalau sudah ada jaringan TIK, maka tidak ada isu di lapangan. Kalau pun ada masalah, Telkom punya sarana mobile combat untuk menyambungkan serat optik agar kebutuhan TIK kelak akan lancar,” katanya.

Asep Tatang melanjutkan, pihaknya juga siap dengan kota lainnya yang akan dijadikan lokasi media center. Baik yang sifatnya madya seperti di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, serta Stadion Si Jalak Harupat maupun yang berukuran kecil di 14 kota atau kabupaten tempat venue berada.

“Kami sudah punya tim operasional di kota-kota tersebut, kami siap mendukung seluruh TIK di lokasi. Termasuk kami juga akan mengedukasi masyarakat di lokasi tersebut akan layanan kami, seperti IndiHome dan UseeTV,” katanya.

Pun demikian, estimasi kebutuhan bandwith yang disiapkan belum bisa disebutkan. Namun mengacu pada even besar, seperti Konfrensi Asia Afrika pada April 2015 lalu di Kota Bandung, disiapkan hingga 20 GB meliputi pasokan 10 GB dan sisanya untuk backup.

Telkom, sambung dia, akan penuh mendukung pelaksanaan even besar yang menyangkut nama baik Provinsi Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya. Apalagi, PON XIX 2016 direncanakan akan diliput sejumlah jurnalis dari negara regional.

“Selain itu, media center juga akan dilengkapi atau disiapkan juru bicara PON XIX/2016 untuk melakukan konfirmasi pemberitaan terkait PON XIX/2016 Jabar, serta akan menjadi pusat informasi dan data seputar PON XIX/2016 Jabar,” katanya.

Panitia akan siapkan pula shuttle bus yang akan melayani ke sejumlah lokasi di Bandung Raya seperti ke Kompleks Stadion Si Jalak Harupat, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jatinangor, serta ke PB PON XIX di Kompleks Gedung Sate Kota Bandung.

(Msu/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.