Sukses

Mulai Siapkan Layanan 4.5 G, XL Tak Lupakan 4G

Sembari mengembangkan jaringan 4.5G, XL masih terus meningkatkan layanan 4G meski telah memiliki 6.500 BTS 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata terus memaksimalkan teknologi jaringan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas layanan internet cepat. Baru-baru ini, XL mulai mempersiapkan layanan 4.5G yang memiliki keunggulan kecepatan serta kestabilan koneksi internet yang lebih baik.

Meski begitu, XL terus memperluas jangkauan dan memastikan kualitas layanan 4G. Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono mengatakan, secara teknologi XL sudah siap menyediakan layanan 4.5G.

"Salah satu indikasinya saat ini kami telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G," kata Rahmadi seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (31/8/2016).

XL menargetkan, pada 2017 4.5G sudah bisa dinikmati pelanggan. Bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, yakni kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya.

Dikatakan, rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

 Rahmadi melanjutkan, teknologi “4T4R” merupakan pengembangan dari versi “2T2R”.

"Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz," ujar Rahmadi memberi penjelasan.

Oleh karenanya, selain cepat pelanggan juga bisa mendapatkan kestabilan koneksi internet yang lebih baik. Kesiapan lain yang dimiliki XL antara lain berupa ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz.

Teknologi 4T4R sendiri saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya.

Tak Tinggalkan 4G
Sembari mengembangkan layanan 4.5G, XL juga melanjutkan pengembangan 4G. Kini, pelanggan XL di 86 kota di Indonesia sudah bisa menikmati layanan 4G LTE. Layanan ini didukung oleh 6.500 unit BTS 4G LTE.

XL menyebut, jumlah BTS khusus 4G ini merupakan yang terbanyak di antara operator 4G GSM. Instalasi BTS 4G oleh XL ini masih akan terus berlangsung. Tak sekadar memperluas wilayah layanan tetapi juga peningkatan kualitas.

Untuk meningkatkan kualitas layanan di dalam ruangan, XL juga memasang perangkat pemancar High Capacity SmallCell di dalam gedung-gedung di kota-kota 4G.

Hal ini dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan 4G XL. Hingga Agustus 2016, jumlah pelanggan 4G mencapai sekitar 8 juta pelanggan.

Beberapa kota yang baru saja mendapatkan layanan internet cepat XL 4G LTE adalah antara lain Kabupaten Karawang, Cilegon, Kabupaten dan Kota Serang, Kab Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Batu.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini