Sukses

Lenovo Yoga Book, Standar Baru Tablet 2 in 1

Selain Lenovo Yoga 910 dan Yoga Tab 3 Plus, di gelaran bertajuk #LenovoLaunch, ada satu produk baru lainnya yaitu Yoga Book.

Liputan6.com, Berlin - Selain Lenovo Yoga 910 dan Yoga Tab 3 Plus, di gelaran bertajuk #LenovoLaunch yang berlangsung di Berlin, Rabu (31/8/2016) malam waktu setempat, ada satu produk baru lainnya yang tergolong ke dalam seri Yoga yaitu Lenovo Yoga Book.

Menurut Jeff Meredith, General Manager and Vice President, Android and Chrome Business Group, form factor sebuah buku telah menjadi inspirasi bagi kehadiran Lenovo Yoga Book.

Fitur unggulan pertama Lenovo Yoga Book adalah illuminative keyboard bernama Halo Keyboard. Yang menarik di sini adalah, temuan Lenovo tentang kecepatan mengetik dikategorikan dalam satuan karakter per menit.
Jeff Meredith, General Manager and Vice President, Android and Chrome Business Group saat presentasi di atas panggung #LenovoLaunch yang berlangsung di Berlin (Liputan6.com/Mohamad Wahyu Hidayat)
Ketika mengetik dengan Halo Keyboard, menurut temuan Lenovo, seseorang dapat mencapai 151 karakter per menit. Angka itu jauh lebih banyak daripada on screen keyboard yang hanya 91 karakter per menit, dan sedikit lebih banyak daripada keyboard fisik berukuran 10 inci.

"Dulu banyak orang sangat susah untuk move on dari perangkat dengan QWERTY keyboard fisik ke perangkat berlayar sentuh utuh. Tapi nyatanya, sekarang justru semua orang menggunakannya," tutur Jeff. 

"Halo Keyboard hadir menawarkan sebuah konsep keyboard baru di tablet yang menawarkan kenyamanan lebih daripada keyboard fisik dan on screen keyboard," sambungnya.

Halo Keyboard dilengkapi predictive text input, dan artificial learning yang akan mempelajari penggunanya selama mengetik dengan keyboard itu. Dengan demikian, tingkat kesalahan (error rate) Halo Keyboard lebih kecil daripda keyboard fisik dan on screen keyboard.

"Adakah perangkat lain yang punya teknologi seperti ini sekarang? Tidak. Baru produk ini saja. Untuk diketahui, produk ini dikembangkan 3 tahun dan waktu pengembangan 3 tahun adalah waktu yang panjang, sehingga wajar bila produk ini akan melebihi ekspektasi kamu," kata Jeff.
Panel Halo Keyboard pada Lenovo Yoga Book (Liputan6.com/Mohamad Wahyu Hidayat)
Kemudian, Halo Keyboard juga bisa berperan sebagai 'halaman buku' sungguhan. Ya, pengguna bisa menulis, mencorat-coret, dan bahkan menggambar di panel Halo Keyboard dengan sebuah Pen, ketika fitur keyboard dimatikan.

Bahkan, untuk memberikan kesan yang sama persis ketika menulis dan menggambar di atas kertas atau halaman buku, pengguna bisa meletakkan kertas tepat di atas panel tersebut, lalu menulis atau menggambar di atasnya.
Seniman menggambar di Lenovo Yoga Book pada gelaran bertajuk #LenovoLaunch di Berlin (Liputan6.com/Mohamad Wahyu Hidayat)
"Layaknya sebuah buku sungguhan, kamu bisa menulis tulisan tangan di Yoga Book dan menyimpannya lalu membacanya kembali seperti sebuah buku. Yoga Book juga sangat cocok bagi kamu yang senang membuat karya seni. Kamu dapat menggambar di panel Halo Keyboard Yoga Book, kemudian menyimpannya langsung menjadi file gambar digital" kata Jeff.

Soal harga, Lenovo Yoga Book versi Android dibanderol 499 Euro atau Rp 7,3 jutaan, sedangkan versi Windows dipatok 599 Euro atau Rp 8,8 jutaan.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.